Serupa tapi Tak Sama, Ini Beda Laptop dengan Notebook yang Wajib Diketahui

  • Share

PERKEMBANGAN teknologi yang semakin pesat membuat kehidupan manusia hampir tak pernah bisa dipisahkan dari laptop atau notebook. Kedua item canggih itu kerap digunakan untuk mempermudah kegiatan bekerja hingga sekolah.

Meskipun sudah sangat familiar dengan kehidupan manusia, tapi belum banyak yang tau bahwa laptop dan notebook memiliki perbedaan mendasar. Tak heran bila kemudian masih banyak orang yang menyamakan keduanya.

Perbedaan mendasar laptop dan notebook sendiri sebenarnya sudah bisa dilihat dari tampilannya. Selain itu, ada pula perbedaan pada spesifikasi dan berat yang dimiliki, sehingga kamu harus dengan cermat membedakannya.

Jika kamu hendak membeli laptop atau notebook pastikan kamu mengerti perbedaannya sehingga kamu tidak keliru. Berikut ini informasi lebih lanjut mengenai perbedaan laptop dan notebook yang wajib diketahui, serupa tapi tak sama.

Perbedaan Spesifikasi

Perbedaan laptop dan notebook yang pertama dapat kamu lihat dari spesifikasinya. Meskipun kedua perangkat komputer ini mudah dibawa ke mana-mana namun ternyata notebook memiliki spesifikasi yang lebih rendah jika dibandingkan laptop.

Banyak juga yang bilang bahwa spesifikasi notebook merupakan kelas menengah pada perangkat komputer karena berada di satu tingkat di atas netbook tapi tidak lebih tinggi dari laptop.

Perbedaan Ukuran Layar

Perbedaan laptop dan notebook berikutnya dapat dilihat dari ukuran layar. Melihat dari perbedaan satu ini tentu sangat mudah bagi kamu untuk mengenali mana yang disebut laptop mana yang disebut notebook.

Laptop biasanya memiliki ukuran layar yang lebih besar jika dibandingkan dengan notebook. Biasanya laptop memiliki ukuran layar sebesar lebih dari 17 inci. Sedangkan notebook biasanya memiliki ukuran yang lebih kecil dibanding laptop yaitu 6-13 inci.

Perbedaan Berat

Baca Juga   5 Merek Laptop Terbaik Tahun 2021

Selain dapat dilihat dari spesifikasi dan ukuran layar, perbedaan laptop dan notebook juga dapat dilihat dari segi berat. Tidak jauh berbeda dengan perbedaan ukuran layar, perbedaan berat juga menempatkan laptop jauh lebih berat ketimbang notebook. Sebab laptop ukurannya lebih besar ketimbang notebook.

Notebook biasanya memiliki berat sekitar 1,5 kg sedangkan laptop tentunya memiliki berat melebihi notebook sekitar 2 kg atau lebih. Namun, sekarang ini tentunya akan sangat sulit bila melihat perbedaan antara laptop dan notebook hanya dari beratnya saja, karena berbagai perusahaan terus mengembangkan teknologinya, sehingga bisa saja laptop menjadi lebih ringan dari notebook.***

  • Share