Dulu Melegenda, Sekarang Mulai Langka! Berikut Deretan Buah Asli Indonesia Itu

  • Share

BUMI Indonesia memiliki berbagai jenis buah yang sangat lezat. Kamu pasti sering mendengar durian, rambutan, dan sebagainya.

Ternyata, buah di Indonesia lebih beragam lagi, lho. Sayangnya, banyak juga yang mulai sulit ditemukan. Di antaranya seperti beberapa buah Indonesia yang kini mulai langka berikut :

1. Buah Buni

Saat matang, warna buah buni sedikit kehitaman. Perpaduan rasa asam dan manisnya terasa sangat segar, biasanya juga difermentasikan jadi alkohol.

2. Buah Gowok

Bentuk buah gowok agak pipih dengan warna ungu tua, seperti anggur. Kalau matang sempurna, rasanya akan manis dan sedikit sepat.

3. Buah Jamblang

Buah ini juga dikenal sebagai juwet yang rasanya asam dan manis. Bentuknya pun mirip anggur, biasanya dimakan bersama garam.

4. Buah Menteng

Menteng atau kemundung tumbuh subur di kawasan Pulau Jawa dan Sumatra. Rasanya lebih dominan asam daripada manisnya.

5. Buah Ceremai

Cermai biasanya dijadikan manisan atau rujak. Jarang yang bisa makan langsung tanpa diolah, karena rasanya terlalu asam. Di beberapa daerah, Buah Ceremai dikenal juga dengan nama Asam Gelugur.

6. Buah Kecapi

Sekilas bentuk kecapi menyerupai manggis dengan warna kekuningan. Saat dimakan bagian dalamnya, rasanya sedikit asam.

7. Buah Kersen

Kersen atau lobi-lobi ini juga mulai jarang ditemukan. Kalau matang, warnanya akan kemerahan dengan rasa yang cukup manis.

8. Buah Kelubi

Kelubi tampak menyerupai salak dengan kulit bersisiknya. Ternyata, rasanya cukup asam, sehingga banyak diolah jadi manisan.

9. Buah Manau

Buah ini diambil dari pepohonan rotan yang biasanya ditemukan di Kalimantan. Sayangnya, rasanya cukup pahit, tidak manis atau asam.

10. Buah Kemunting

Warna ungu tua buah kemunting tampak mencolok. Tiap buahnya bisa dijadikan selai dan pai, karena sangat manis. ***

Baca Juga   Durian Tahi Gajah, Menggelikan Namun Diburu Banyak Orang

 

  • Share