Ingin Kaca Mobil Anda Bersih Berkilau? Ikuti Cara Berikut

  • Share

KACA MOBIL merupakan komponen vital karena menentukan jarak dan cakupan pandang pengemudi, sehingga harus selalu bersih untuk membantu meningkatkan kewaspadaan.

Kaca yang buram berjamur dan menghalangi pandangan juga membuat penumpang terutama di kursi belakang gampang pusing atau mabuk.

Berikut tips membersihkan kaca mobil yang bisa anda lakukan sendiri:

Jika anda membersihkan kaca ketika sedang mencuci mobil, usahakan bagian ini adalah yang paling akhir agar ketika kaca telah dicuci bersih tidak terkena bahan kimia pencuci untuk bodi atau bahan semprot interior yang hanya akan meninggalkan noda.

Jangan menggunakan bahan pembersih kaca yang mengandung amoniak, karena sifatnya sangat merusak bagi berbagai jenis bahan seperti vinil, kulit dan karet yang mungkin menempel pada komponen lain di dekat kaca mobil.Sabun dan air sudah cukup, atau umumnya menggunakan pencuci kaca semprot yang tidka mengandung amoniak.

Bersihkan kaca dengan air menggunakan sikat berbulu lembut. Usahakan hanya dengan gerakan vertikal atau horisontal saja, tak perlu gerakan memutar. Jangan terlalu keras menggosok karena ini baru bagian pertama pencucian sekedar melonggarkan noda yang menempel.

Semprotkan bahan pembersih atau air sabun cuci mobil ke sisi lap, sebisa mungkin lap berbahan microfiber, lalu gosokkan pada kaca, mulai dari bagian pinggir, ujung ke ujung. Jika masih terdapat sisa noda pada kaca, gosok kembali dengan perlahan. Biarkan kaca mengering seluruhnya.

Jika tidak memiliki lap microfiber, gunakan kertas koran. Tinta pada koran berfungsi seperti solvent dan kertas basah dapat menyapu noda cukup efektif.

Setelah kaca mengering, bahan pembersih lainnya seperti anti jamur dan semprotan anti kabut bisa digunakan.

Bersihkan karet wiper. Jika telah terjadi tumpukan noda atau jamur, bersihkan dengan bahan alkohol. Untuk noda membandel pada karet wiper bisa dibersihkan dengan baking soda. Karet wiper perlu diganti setiap 2 tahun, atau lebih cepat jika sudah terdengar suara berdecit ketika dipakai.***

Baca Juga   Masalah Rem, BMW Tarik Kembali 50.000 Lebih Mobilnya
  • Share