Torang Bisa ! PON XX Papua Resmi Ditabuh

  • Share

BuliranNews, JAYAPURA – Bertempat di syadion utama Lukas Enembe, Sabtu 92/10) sore, Presiden Joko Widodo secara resmi membuka secara resmi PON XX Papua 2021.

Stadion kebanggaan masyarakat Papua itu bergetar, masyarakat Papua menyambut dengan semangat dan sorakan membahana, “Torang Bisa”. Ya tak salah, Papua memang bisa menggelar event olahraga terbesar di tanah air itu sebagaimana panggung serupa yang digelar di provinsi lai di Indonesia.

“Perasaan saya dan perasaan saudara pasti sama, kita bangga di tanah Papua. Kita juga bangga berada di stadion terbaik di Asia Pasifik ini. Kita bangga membuka pon ke-20, pon yang pertama kali digelar di tanah Papua,” ucap Joko Widodo dalam upacara pembukaan PON XX Papua 2021.

Upacara pembukaan dimulai dengan serangkaian pertunjukkan yang meriah. Mulai dari tarian selamat datang dan nyanyian khas Papua yang dibawakan putra daerah. Kemudian, disambung dengan parade atlet dengan membawa bendera provinsi masing-masing.

Presiden Jokowi yang menggunakan jersey PON XX Papua 2021 ikut berdiri dan melambaikan tangan kepada peserta parade atlet tersebut. Sesekali, orang nomor satu di negeri ini juga terlihat menari-nari kecil sebagai ekspresi kegembiraannya.

Panpel PON XX Papua juga memberikan penghargaan kepada delapan atlet legenda asal Papua untuk masuk ke tengah lapangan membawa bendera PON. Mereka adalah Lisa Rumbewas (angkat besi), Benny Maniani (tinju), Erni Sokoy (dayung), Maria Londa (atletik), Kartika Monim (volyball), Melly Mofu (atletik), Rully Nerre (sepak Bola), dan Imanuel Daundi (pencak silat).

Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. Plate mengatakan PON XX dan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI Papua, hadir sebagai penguat nilai-nilai kesatuan dan kesetaraan bangsa Indonesia melalui ajang olahraga. Helatan ini akan menjadi ajang kompetisi olahraga terbesar pertama di Indonesia yang dilaksanakan di masa pandemi.

Baca Juga   Jawa Barat di Ambang Juara Umum PON XX Papua

“Kita tunjukkan pada dunia, kita mampu menggelar acara olahraga berskala nasional ini. Slogan “Torang Bisa!” menjadi perwujudan semangat kita semua untuk menyukseskan PON XX dan Peparnas XVI Papua yang aman dengan prokes dan vaksinasi,” ujar Johnny. (gus)

  • Share