Keberhasilan Siswa Lahir dari Kolaborasi Apik antara Sekolah & Orang Tua

  • Share

BuliranNews, DEPOK – Lembaga pendidikan, tak selalu menjadi kunci keberhasilan seorang pelajar. Meski menjadi tempat menuntut ilmu, namun peran orang tua tetap dibutuhkan siswa bersangkutan dalam mencapai keberhasilannya.

Dalam hal ini, kolaborasi yang apik dan efektif antara pihak sekolah dengan orang tua siswa, sangat diharapkan. Karena kesuksesan atau keberhasilan seorang siswa juga ditentukan oleh peran yang diambil orang tuanya.

Demikian antara lain dikatakan oleh H Saroni MMPd, kepala sekolah SMK Insan Teknologi Jati (ITJ) Tapos, Depok, saat berbincang-bincang dengan BuliranNews.

“Kolaborasi itu adalah kunci dari keberhasilan seorang siswa. Karenanya, pihak orang tua jangan selalu menumpahkan semua persoalan menyangkut pendidikan anaknya kepada sekolah. Karena bagaimanapun juga, peran orang tua tetaplah besar dalam keberhasilan seorang anak,” ucapnya.

Pak Roni, demikian Kepala Sekolah ini biasa disapa menambahkan, kalau dihitung jumlah jam yang dimiliki seorang anak di sekolah, tentulah tak sebanding dengan jumlah jam yang dimilikinya ketika berada di rumah atau di luar sekolah.

“Nah, kalau di sekolah merupakan tugas dan tanggungjawab kami membinanya. Tentu saat berada di rumah, tugas dan tanggungjawab itu bergeser kepada orang tua,” imbuhnya.

Karena itulah, Saroni berharap, apa yang menjadi persoalan pelajar atau siswa jangan selalu ditumpahkan ke sekolah. Sebab, sekolah tentu tak bisa membina murid-muridnya selama 24 jam penuh setiap hari.

“Disinilah kolaborasi itu perlu dikedepankan, sehingga para pelajar bisa berhasil di sekolah dan juga berhasil pula di lingkungan tempat tinggalnya,” ucapnya mengakhiri. (val)

Baca Juga   Agar Siswa Tak Bosan Belajar Daring, Guru Harus Mampu Berkreasi & Berinovasi
  • Share