Woh, Kerennya Mobil Pabrikan Afrika

  • Share

SELAMA ini, orang-orang lebih akrab dengan mobil pabrikan Jepang, Tiongkok, dan beberapa negara di Eropa. Namun, siapa sangka, beberapa negara di Afrika ternyata ada yang memproduksi mobil, loh. Bahkan, mobil-mobil mereka nggak kalah keren dibanding mobil dari negara lain.

Sayangnya, mobil-mobil tersebut jarang disorot oleh dunia. Sebab, pasar mobil lebih didominasi oleh Jepang, negara-negara Eropa, dan Amerika.

Berikut enam mobil keren pabrikan Afrika yang nggak bisa dipandang sebelah mata :

Laraki Motors – Maroko

Laraki Motors asal Maroko memproduksi tiga tipe mobil, yaitu Epitema, Fulgura, dan Borac. Sayangnya, hanya Epitema yang berhasil mendapat perhatian khalayak. Mobil tersebut hanya diproduksi sembilan unit dan hanya bisa dimiliki oleh mereka yang berduit. Pasalnya, harganya mencapai dua juta euro.

Mobil dengan gaya sporty tersebut memiliki performa yang cukup bagus karena dapat menghasilkan tenaga 1.200 sampai 1.750 hp.

Saroukh el Jamahiriya – Libya

Saroukh el-Jamahiriya merupakan proyek mobil di Libya yang diprakarsai oleh diktator Muamma el Gaddafi. Sebelum di Libya, industri otomotif tersebut bermula di Italia. Hingga akhirnya, pada 1999 mobil tersebut dirilis. Bagian depannya yang berbentuk segitiga membuat mobil ini tampak unik.

Kiira Motors Corporation – Uganda

Kiira Motors Corporation adalah pabrik mobil listrik di Uganda. Pabrik ini bermula dari sebuah proyek dari University of Makerere pada tahun 2012. Setelah mendapat dukungan dari pemerintah, proyek tersebut pun berkembang dengan menghasilkan mobil yang memanfaatkan energi alternatif.

Mereka telah memproduksi tiga mobil prototipe yang menggunakan energi alternatif, yaitu Kiira EV Poc, Kiira EV Smock, dan Kayoola Solar Bus. Di antara ketiga itu, Kayoola Solar Bus merupakan produk yang paling premium karena menggunakan energi sinar matahari.

Baca Juga   Toyota Corolla DX Segera Combeback

Kantanka – Ghana

Kantanka merupakan merek mobil yang diprakarsai oleh Kwadwo Safo, seorang penemu dan pemuka agama di Ghana. Sebelum memproduksi mobil, ia pernah membuat pesawat, traktor, ekskavator, dan crane.

Setelah Kantanka, ia kembali memproduksi mobil dengan nama SUV all-terrain Onantefo I pada tahun 2006. Mobil-mobil produksinya memiliki desain yang hampir mirip seperti mobil Asia dan Eropa

Innoson Motors – Nigeria

Innoson Motors diprakarsai oleh Innocent Chukwma. Mulanya, ia membuat sepeda motor pada tahun 1987. Penjualannya yang meningkat signifikan membuat ia termotivasi untuk membuat mobil.

Hingga saat ini, sudah ada beberapa mobil penumpang keluaran Innoson Mobils, yaitu Innoson Fox, mobil sedan compact Innoson Umu, SUV Innoson G5, mobil pick-up Innoson Carrier. Pabrik ini juga memproduksi mobil van dan bus dengan bentuk berbeda-beda.

Wallys Car – Tunisia

Mobil yang satu ini merupakan jenis mobil jeep. Produksi mobil tersebut diprakarsai oleh Guiga bersaudara dan Rene Boesch yang sama-sama punya pengalaman di bidang mobil jeep. Mereka termotivasi untuk membuat mobil sendiri. Hingga akhirnya, pada tahun 2005 mereka merealisasikan impian tersebut.

Tiga tahun kemudian, mereka berhasil memamerkan mobil pertama mereka di Paris Motor Show. Mobil bernama Wallys Izis tersebut terinspirasi dari Jeep Cherokee.

Itu tadi enam mobil keren pabrikan Afrika yang jarang disorot dunia. Apakah kamu tertarik untuk memilikinya? (mit)

  • Share