5 Merek Laptop Terbaik Tahun 2021

  • Share

DARI segi kualitas secara keseluruhan produk, berikut ini adalah daftar merek laptop terbaik tahun 2021.

Perkembangan teknologi menjadikan laptop sebagai salah satu kebutuhan dan digunakan dalam kegiatan sehari-hari. Penggunaanya pun kian meningkat sejak pandemi Covid-19 dan mendorong banyak sektor beralih ke sistem daring.

Saat ini, laptop berperan krusial dalam menghubungkan orang-orang. Jika sebelumnya laptop hanya sekadar sarana untuk mengerjakan tugas atau menonton hiburan, kini laptop memiliki peran signifikan dalam keberlangsungan roda kehidupan.

Para pelajar menggunakan laptop untuk pembelajaran daring dan para pekerja juga beralih ke sistem daring sehingga penjualan laptop kini meningkat. Melansir data Canalys, pengiriman notebook skala global mencapai 64 juta unit pada akhir 2020. Itu terjadi karena permintaan yang melonjak akibat Covid-19 sehingga banyak perusahaan berinvestasi dalam transisi jangka panjang untuk work from home (WFH).

Dari sekian banyak merek laptop, berikut merupakan lima merek laptop terbaik tahun 2021 yang diulas dari berbagai sumber :

1. Dell

Jika Anda mencari laptop Windows terbaik maka Dell adalah pilihan tepat. Secara spesifikasi teknis dan layanan, produk ini sangat baik. Bahkan, pendapatan tahunan perusahaan laptop Dell mencapai kisaran US$ 50 miliar atau setara Rp 725 triliun.

Sebagian besar laptop Dell dibanderol dengan harga terjangkau, desain dan perangkat kerasnya tidak rumit, mudah dipahami, dan kuat. Namun, tidak semua orang menyukai desain yang sederhana tersebut, sehingga beberapa pengguna justru menghindari Dell.

Ada sejumlah alasan mengapa Dell menjadi merek laptop Windows terbaik. Di antaranya memiliki pelayanan service center, desain profesional, harga terjangkau, dan memiliki daya tahan. Beberapa seri Dell seperti Inspiron, XPS, dan Alienware menawarkan kualitas yang baik.
Inspiron adalah pilihan yang cocok untuk berhemat, ini karena harganya terjangkau dengan kualitas yang baik. Seri Inspiron 14 5000 memiliki 11th-gen Intel prosesor dengan harga yang masih terjangkau. Sementara seri XPS dapat menjadi pilihan untuk mereka yang memiliki biaya lebih untuk mendapatkan spesifikasi yang baik.

Seri XPS 13 2021 terbaru ini memiliki layar resolusi tinggi, koneksi, dan perangkat lunak yang baik dengan daya tahan baterai sepanjang hari. Selain itu, laptop juga memiliki kinerja solid, serta dilengkapi six-core Intel Tiger Lake generasi ke-11. Sedangkan untuk para gamer, seri Alienware dapat menjadi pilihan.

Dell memiliki segala seri laptop untuk semua kalangan. Koleksi laptop Dell cukup berlimpah dan sebagian besar notebook yang dirilis memiliki semua fitur terbaru. Itu mencakup layar sentuh, keyboard dengan lampu latar, prosesor yang kuat, dan baterai yang tahan lama.

Kelebihan

  • Bobot yang ringan dan portabel.
  • Tersedia banyak produk.
  • Desain inovatif.
  • Menguasai pangsa pasar global sebesar 17%.
  • Daya tahan baterai baik.
  • Layanan pelanggan sangat baik dan cepat.
  • Kebijakan pengembalian 30 hari.
  • Elemen desain lebih baru, termasuk bezel yang lebih ramping.
Baca Juga   10 Rekomendasi Memilih Netbook Terbaik

Kekurangan

  • Desain minimalis tidak untuk semua selera.
  • Perusahaan tidak menawarkan barang dan kit tambahan dengan laptop.

2. HP

HP adalah singkatan dari Hewlett-Packard, merek laptop ini merupakan salah satu merek elektronik tertua. Untuk kualitas desktop, HP masih menyediakan mesin paling handal dan banyak digunakan para gamer dan profesional. Perusahaan HP juga menyediakan banyak laptop terjangkau untuk pelajar dan memiliki pendapatan tahunan sekitar US$ 53 miliar atau setara Rp 768 triliun.

HP mungkin tidak selalu memiliki reputasi laptop terbaik, tetapi laptop teranyar telah beradaptasi dengan desain terbaru serta meningkatkan standar. Dalam hal variasi laptop, HP memiliki banyak variasi mulai dari konvertibel, laptop tanpa kipas, perangkat game, 2-in-1 yang dapat dilepas, notebook, dan masih banyak lagi.

Selain itu, HP juga memiliki seri kelas atas seperti seri Spectre, Omen, dan ZBook mengemas beberapa fitur terbaik dan menawarkan harga layak. Notebook HP juga memiliki performa yang cepat, bertenaga, dan cukup terjangkau. Tampilan luarnya juga cukup cantik dengan desain modern yang ramping.

Saat ini, HP Spectre x360 sedang ramai diperbincangkan dan mencuri banyak perhatian. Spectre x360 13 terbaru menghadirkan kinerja lebih cepat dengan daya tahan baterai lebih lama. Desain Spectre x360 13 juga lebih ringan dan lebih kecil dari model sebelumnya, membuatnya nyaman untuk digunakan saat bepergian.

Bahkan ada versi AMOLED dari Spectre x360 15 dan Spectre x360 13 yang memberikan tampilan sangat cerah dan vibran yang cocok untuk para orang kreatif dan penonton film. Laptop HP terbaru juga dilengkapi chip Intel Tiger Lake generasi ke-11 dan opsi seperti Spectre x360 14 2-in-1, sehingga bisa menjadi pilihan sempurna untuk laptop portabel.

Untuk layanan pelanggan yang disediakan juga sangat baik dengan penawaran garansi hingga tiga tahun. Laptop HP mungkin tidak selalu mencuri perhatian, tetapi kualitas perangkat kerasnya lebih kuat daripada sebelumnya dan layak dipertimbangkan.

Kelebihan

  • HP menawarkan banyak seri laptop dengan harga beragam dan dapat dijangkau seluruh lapisan masyarakat.
  • Pelayanan pelanggan yang kompeten.
  • HP menawarkan garansi perangkat yang komprehensif hingga 3 tahun.
  • Perusahaan HP menguasai 22,6% pangsa pasar laptop global.
  • Dilengkapi dengan layar AMOLED pada model kelas atas.
  • Konvertibel dan tipis.

Kekurangan

  • Desain yang biasa, kecuali untuk model kelas atas.
  • Daya tahan perangkat kerasnya tidak terlalu baik.
  • Daya tahan baterai tidak konsisten pada beberapa model.

3. Apple

Apple merupakan salah satu merek mewah dalam produksi Laptop, Smartphone, Komputer, dan Tablet. Merek laptop ini memiliki pendapatan tahunan sekitar US$ 230 miliar, dengan pendapatan bersih hampir US$ 50 miliar. Perusahaan teknologi raksasa ini juga memiliki lebih dari 120 ribu karyawan yang bekerja untuk manufaktur laptop terbaik.

Baca Juga   Laptop Anti Lemot dan Awet Harga 4 Jutaan? Ini Lho Daftarnya

Tak perlu diragukan lagi, laptop Apple dapat diandalkan dan berkualitas tinggi. Saat Anda membeli MacBook, Anda akan mendapatkan tampilan layar yang fantastis, daya tahan baterai yang solid, dan chassis yang indah serta bezel yang tipis

Sayangnya, harga MacBook cenderung lebih mahal daripada laptop Windows lainnya. Meskipun perangkat kerasnya cenderung mengutamakan gaya, namun kemudahan penggunaan dan keandalannya menjadikan laptop Apple sebagai pilihan yang terbaik.

Apple sebelumnya memperbarui jajaran MacBook dengan CPU yang lebih cepat dalam seri Pro. Itu bersamaan dengan adanya Touch Bar tambahan untuk semua MacBook Pro tanpa menaikkan harga.
Siapapun yang melihat laptop dengan logo Apple di bagian belakang pasti mengetahui seberapa mewah dan bergengsi produk tersebut. Sistem OS pada laptop Apple jauh dari error dan sangat mudah digunakan.

Apple juga menawarkan layanan pelanggan terbaik. Selain toko fisik, Apple juga menawarkan dukungan 24 jam melalui panggilan gratis untuk jangka waktu 90 hari. Selain itu, dukungan obrolan langsung serta dukungan teknis daring juga tersedia.

Kelebihan

  • Model yang paling dasar sudah memiliki spesifikasi sangat baik.
  • Performa yang sangat cepat dan responsif.
  • Daya tahan baterai sangat baik.
  • Desain minimalis dan elegan.
  • Apple memiliki pangsa pasar laptop global hampir 6%.
  • Layar retina mendukung reproduksi warna yang tak tertandingi.
  • Sistem speaker yang baik.
  • Layanan pelanggan yang profesional dan kompeten.
  • Memungkinkan pengguna untuk menginstal Windows melalui dual boot.

Kekurangan

  • Perangkat keras tidak cocok untuk bermain game.
  • Harga yang cukup tinggi.
  • RAM yang tidak dapat ditingkatkan.

4. Asus

Laptop Asus dikenal karena harganya yang terjangkau dibandingkan dengan merek lain. Itu kemungkinan karena pembuatan motherboard internal Asus. Laptop mini dan Chromebook Asus sangat dikenal dan menjadi pilihan pelajar karena menawarkan harga terbaik.

Perusahaan ini juga terkenal karena kehandalannya yang luar biasa. Asus memiliki pendapatan tahunan sekitar US$ 30 miliar pada 2017 dan memiliki hampir 18.000 karyawan di seluruh dunia.

Koleksi laptop Asus meliputi seri Zenbook yang tipis dan ringan, Chromebook yang terjangkau, dan laptop gaming tangguh seperti ROG Zephyrus G14 2020 yang populer. Seri Asus Zenbook 13 memiliki salah satu desain paling menarik dan berbeda dengan resolusi layar 1080p dan masa pakai baterai yang lama. Versi terbaru dari laptop ini juga memiliki layar OLED yang indah.

Ada juga pilihan lain yang tak kalah menarik yakni Asus Zenbook 15 UX534FN dan Zenbook 14 UX425. Kedua laptop tersebut memiliki bezel tipis, performa bertenaga, serta kerangka yang kecil dan ringan.

Baca Juga   Gunakan Processor AMD Ryzen 5000 Series, Lenovo Rilis Yoga 6 Terbaru ! Ini Spesifikasinya

Bahkan mesin untuk seri yang terjangkau sudah menawarkan kinerja yang baik dengan layar full HD dan lebih dari 4 jam masa pakai baterai. Dalam hal desain, Asus menggunakan bahan berkualitas premium. Asus juga menawarkan laptop gaming yang luar biasa kuat berkat seri Asus ROG mereka. Bahkan, saat ini sebagian besar gamer lebih memilih Asus ROG daripada mesin MSI dan Alienware.

Layanan pelanggan Asus cukup cepat dan dapat menghubungi tim teknis melalui panggilan telepon, email, obrolan langsung, dan antarmuka lainnya. Selain itu, ada beberapa pusat layanan khusus untuk membawa laptop Anda.

Kelebihan

  • Elemen desain yang inovatif.
  • Paket perlindungan kecelakaan komplementer dengan perangkat tertentu.
  • Seri khusus untuk pengalaman bermain game profesional.
  • Pangsa pasar global sekitar 5%.

Kekurangan

  • Model tertentu bobotnya sangat berat.
  • Beberapa model memiliki baterai yang sering bermasalah.

5. Lenovo

Didirikan pada 1984, Lenovo adalah perusahaan laptop yang berbasis di Beijing, terkait dengan manufaktur komputer. Perusahaan ini memiliki pangsa pasar komputer global sebesar 25,1%.

Selain itu, Lenovo tercatat memiliki pendapatan tahunan hampir US$ 45 miliar dan memiliki lebih dari 60.000 karyawan di seluruh dunia.

Lenovo adalah merek yang tahan banting karena jajaran seri ThinkPad/IdeaPad yang tahan lama telah digunakan dalam banyak sektor. Laptop Lenovo ideal untuk semua jenis tugas dan dapat digunakan oleh siapa saja termasuk gamer profesional, pengusaha, dan mahasiswa.

Seri Lenovo Yoga dan Flex termasuk beberapa laptop portabel terbaik tahun 2020 dan baru-baru ini Lenovo mulai memproduksi smartphone yang dikenal dengan baterai tahan lama. Tak hanya itu, Lenovo juga memproduksi elektronik yang mencakup desktop, laptop, smartphone, tablet, monitor, dan proyektor.

Dalam beberapa tahun terakhir, Lenovo mendorong produksi laptop ekstra-portabel dan 2-in-1 tanpa mengorbankan spesifikasi. Seri ThinkPad X1 Carbon menjadi salah satu laptop handal untuk bisnis dengan pembaruan prosesor Intel Coffee Lake generasi ke-8 serta penambahan USB-C.

Lenovo menawarkan sistem layanan pelanggan yang sangat baik dan dapat diakses melalui telepon dan email. Setiap seri laptop memiliki layanan pelanggan khusus untuk penyelesaian masalah, sedangkan untuk pusat layanan fisik, Lenovo memiliki gerai yang cukup banyak. Perusahaan ini juga menawarkan perpanjangan garansi yang terjangkau pada perangkat tertentu.

Kelebihan

  • Komponen perangkat keras sangat tahan lama.
  • Lenovo menawarkan beragam harga dan model terjangkau.
  • Pangsa pasar global mencapai 25%.
  • Sistem layanan pelanggan yang cepat.

Kekurangan

  • Desain dan penataan yang hambar.
  • Spesifikasi grafis yang tidak terlalu baik.

Demikian ulasan mengenai lima merek laptop terbaik tahun 2021, laptop mana yang paling menarik perhatian Anda?

 

  • Share