Keripik Sukun Manokwari, Citarasa Sempurna dari Timur Indonesia

  • Share

SEBENARNYA tampilan keripik Sukun khas Manokwari ini tidak ada bedanya dengan keripik Sukun pada umumnya. Namun saat camilan ini dinikmati di belahan timur Indonesia itu, keripik ini begitu berkesan renyah. Rasa gurih yang bercampur manis asli sukun pun terasa sangat nikmat di lidah.

Keripik Sukun biasa mungkin sudah sering kita nikmati, namun keripik sukun Manokwari memiliki citarasa yang berbeda.

Sukun yang akan dibuat keripik diiris tipis terlebih dahulu, kemudian diberi bumbu penyedap berupa rempah-rempah. Lalu, sukun yang telah diiris dimasukan ke dalam penggorengan berisi minyak panas dan digoreng hingga kering. Terakhir, keripik yang sudah jadi ditiriskan dan dikemas dalam plastik-plastik kemasan untuk siap dipasarkan.

Sebenarnya, keripik ini tidak beda dengan keripik sukun biasa. Namun, yang membedakan adalah bahan baku buah Sukun yang memang mempunyai citarasa berbeda dengan sukun wilayah lain. Buah Sukun khas Manokwari memang memiliki rasa yang lebih legit dibandingkan Sukun lain.

Buah yang tidak terlalu besar namun wangi dan tidak hancur saat diolah. Inilah yang membedakan Sukun Manokwari dengan sukun dari daerah lainnya.

Walaupun Keripik Sukun dapat ditemui di daerah Indonesia secara umum, namun Keripik Sukun khas Manokwari mempunyai kekhususan tersendiri. Hal ini membuat keripik ini pun banyak dikenal hingga ke seluruh Indonesia, ***

Baca Juga   Lalampa, Lemper Isi Ikan Khas Manado nan Lezat
  • Share