Mengantuk Saat Nyetir? Begini Cara Mengatasinya

  • Share

RASA kantuk kerap kali menghampiri para pengemudi saat sedang berkendara. Terutama saat melakukan perjalanan jauh di malam hari. Untuk itu, setiap orang khususnya para pengemudi harus mengetahui cara mengatasi kantuk saat menyetir.

Rasa kantuk yang kerap melanda pengemudi dikenal dengan istilah microsleep. Microsleep pada umumnya tidak seperti tidur biasa, karena microsleep merupakan suatu kondisi hilangnya kesadaran atau perhatian seseorang karena merasa lelah atau mengantuk. Biasanya akan berlangsung sekitar satu detik hingga dua menit.

Meski sebentar, namun hal itu bisa sangat berbahaya. Untuk menghindari sesuatu hal yang tidak diinginkan, berikut cara mengatasi kantuk saat menyetir yang ampuh.

Mengonsumsi Kopi

Cara mengatasi kantuk saat menyetir yang pertama yakni mengonsumsi kopi. Kandungan kafein di dalam kopi memang telah dikenal cukup berpengaruh. Terlebih saat sedang menyetir di malam hari. Hal ini lantaran kafein dipercaya mampu menjaga kesadaran seseorang.

Meski begitu, ada baiknya jangan mengonsumsi kopi secara berlebihan. Sebab, hal tersebut justru bisa mempengaruhi kesehatan tubuh kalian. Bagi kalian yang bisa mengonsumsi kopi lebih dari satu gelas memang hal ini sangat tidak mudah. Akan tetapi, jika kalian sudah merasa lelah dan mengantuk saat berkendara ada baiknya menepi untuk beristirahat. Daripada mengonsumsi kopi kembali.

Sediakan Air Mineral

Selain itu, air mineral juga bisa berfungsi untuk membasuh wajah. Tentu saja, air mineral dapat menghilangkan rasa haus. Apalagi saat sedang berada di jalan tol. Kalian jadi tidak perlu repot-repot mencari rest area.

Hindari Mengonsumsi Obat Sebelumnya

Cara mengatasi kantuk saat menyetir selanjutnya yakni hindari mengonsumsi obat sebelum berkendara. Obat-obatan dan juga minuman beralkohol menjadi salah satu faktor yang harus diperhatikan khususnya saat berkendara. Seperti yang diketahui bersama, kedua zat tersebut mampu mempengaruhi tingkat kewaspadaan dan konsentrasi.

Baca Juga   Desain Skutik Eropa, Andalan Motor Baru Honda

Tentu saja hal tersebut sangat berbahaya bagi kalian yang sedang menyetir. Maka dari itu, sebaiknya hindari mengonsumsi obat-obatan tertentu dan minuman beralkohol sebelum bepergian. Terlebih pada obat-obatan yang memiliki efek samping menimbulkan rasa kantuk. Jika memang harus mengonsumsi obat anjuran dokter, sebaiknya jangan mengemudi kendaraan terlebih dahulu.

Perhatikan Makanan dan Minuman

Tak hanya itu, perhatikan pula porsi makanan kalian agar tidak berlebihan. Bila berlebihan akan menimbulkan dampak cepat merasa mengantuk. Untuk itu, saat rasa lapar mulai menghampiri ada baiknya kalian mengonsumsi buah, biskuit atau snack. Sementara, saat rasa haus menyerang lebih baik konsumsi air mineral namun, kopi dalam batas wajar.

Hindari Berkendara Sendiri

Cara mengatasi kantuk saat menyetir berikutnya yakni menghindari berkendara sendirian. Apabila kalian akan menempuh perjalanan cukup jauh, ada baiknya membawa salah seorang baik teman ataupun keluarga yang bisa menyetir untuk menemani. Tujuannya agar selama di dalam perjalanan kalian bisa saling mengobrol.

Dengan mengobrol inilah bisa mengurangi rasa kantuk saat mengemudi. Tak hanya itu, kalian juga bisa meminta untuk bergantian menyetir bila sudah tidak sanggup lagi. Ingat, jangan terlalu memaksakan tubuh untuk menyetir saat sudah lelah dan mengantuk. Sebab, hal tersebut mampu membahayakan diri sendiri maupun orang lain.

Menepi dan Tidur Sejenak

Ada baiknya kalian mencari rest area atau tempat pengisian bahan bakar untuk menepi. Istirahat lah selama 15-30 menit hingga tubuh kembali segar. Hal ini dilakukan untuk menghindari risiko terjadi kecelakaan dan dapat membahayakan diri sendiri.***

  • Share