Melancong ke Bumi Papua, Jangan Lupa Swansrai

  • Share

BEBERAPA wilayah di Indonesia memang memiliki miras lokal atau tradisionalnya masing masing yang tidak kalah memabukkannya dengan minuman alokohol bermerk lainnya. Biasanya minuman keras daerah ini terbuat dari proses fermentasi bahan-bahan, seperti nira, beras, buah, dan lain sebagainya.

Seperti misalnya swansrai, minuman khas Papua yang dihasilkan dari fermentasi air pohon kelapa yang sudah tua. Minuman ini biasanya disuguhkan oleh tuan rumah untuk orang penting seperti kerabat atau orang orang yang dihormati.

Biasanya masyarakat setempat menggunakan batok kelapa yang sudah dibelah menjadi dua menyerupai mangkuk sebagai wadah minuman ini.

Untuk kalian yang masih pemula atau belum terbiasa meminum minuman beralkohol , sebaiknya harus berhati hati dengan minuman ini. Sebab Swansrai memiliki kadar alkohol sekitar 20 hingga 30%, yang mana kadar tersebut sama dengan kadar minuman keras lainnya seperti tuak dan arak.

Minuman ini memang belum terlalu populer di Indonesia. Namun untuk para wisawatan yang berkunjung ke tanah Papua, tak jarang dari mereka yang sering mencari minuman ini.

Swansrai memiliki rasa yang kuat dan sedikit pahit. Tegukan pertama dijamin bisa membuat kalian merasa hangat karena adanya kandungan alkohol di dalamnya.

Untuk kalian yang tertarik dan penasaran dengan minuman ini bisa langsung datang ke Biak , Papua. Daerah ini bisa dibilang sebagai tempat penjualan Swansrai terpopuler di Papua karena banyak ditemukan dan dijual di daerah tersebut.

Nah minuman asal Papua ini akan membuat anda keenakan karena sensasi kesegaran yang ditawarkannya.***

Baca Juga   Pisang Thok, Kuliner Legit Khas Negeri Pedir (Pidie)
  • Share