Ayo Jadikan Rem Cakram Anda Makin Pakem

  • Share

REM adalah salah satu komponen motor yang paling penting ,selain sebagai piranti keselamatan yang selalu ,rem motor ini pasti bisa ditemukan disetiap motor..? kenapa rem menjadi komponen yang terpenting dalam sepeda motor..? Jawabannya jelas kalau tidak ada rem maka akan membahayakan pengendara.

Rem yang memiliki fungsi untuk mengurangi laju motor dan juga menghentikan laju motor. Rem Motor itu dibagi menjadi 2 yaitu Rem Tromol (drum) dan Rem Cakram (disk breake )

Rem Cakram adalah rem yang paling banyak digunakan untuk motor motor terbaru sekarang ini khususnya tahun 2015,sudah banyak sekali motor dari berbagai merk yang dibekali dengan sistem pengereman model atau jenis cakram.

Pada kesempatan ini bagaimana sih caranya agar rem cakram atau disk break tersebut semakin pakem dan cara mengganti yang lama dengan yang baru, mari simak ulasanya dibawah ini :

Mengganti Minyak Rem

Untuk motor yang mengggunakan cakram (disk break) umumnya pasti menggunakan minyak cakram, Minyak cakram adalah piranti yang memiliki fungsi yaitu mendorong piston untuk menekan kampas rem . Biasanya minyak rem mempunya batas pamakaian,untuk itu anda bisa mengganti minyak rem saat warnanya sudah kehitaman atau sudah berada pada posisi lower (habis).

Harga minya rem tergolong murah dari harga ribuan sampai dengan puluhan ribu tergantung kualitas minyak rem tersebut. Banyak juga berbagai brand yang menyediakan minyak rem ini . Perlu di ingat saat mengganti atau mengisi minyak rem jangan sampai mengenai cat pada motor karena bisa merusak cat motor tersebut.

Mengganti Selang Rem

Selang rem adalah komponen dari rem cakram yang mempunyai fungsi yaitu sebagai penyalur minyak rem menuju ke caliper Rem. Selang rem juga bisa menggunakan yang biasa standard atau yang varian racing . Untuk eslang rem racing keunggulanya yaitu membuat daya salur minyak rem lebih cepat dan juga bisa mendongkrak tampilanya menjadi terlihat lebih garang, harga selang rem ini umumnya puluhan ribu hingga jutaan rupiah.

Baca Juga   Perfoma Ciamik Honda Civic Si 2022

Mengganti Master Rem

Masih membahas dari komponen rem cakram , selanjutnya yaitu mengganti Master Rem, parangkat yang satu ini memiliki fungsi yaitu mendorong minyak rem menuju kaliper agar rem lebih pakem anda dapat mengganti dengan varian racing atau dari motor lainya , Harga master rem dari harga puluhan ribu sampai jutaan rupiah

Mengganti Kaliper Cakram

Perangkat komponen rem cakram selanjutnya yaitu kaliper , perangkat vital ini memiliki fungsi atau tujuan akhir dari skema rem hidraulis dengan tugas mendorong kampas rem untuk menekan cakram. Kaliper rem pada umumnya sudah banyak di jual di toko atau bengkel . Part ini anda bisa menggunakan varian part racing atau motor lainya. Harga kaliper dari ratusan ribu sampai dengan jutaan rupiah.

Mengganti Cakram

Cakram adalah atau piringan juga mempunyai batasan pemakaian , untuk itu gantilah dengan yang baru jika memang sudah saatnya diganti atau memang mempunyai keinginan mengganti dengan diameter cakram yang lebih lebar dari motor anda. Harga cakram sekitar ratusan ribu.

Rajin Merawat Cakram

Untuk perawatan cakram anda bisa melakukan dengan membersihkan rumah kaliper hingga kampas rem dengan rutin selain itu juga jangan lupa untuk check selang rem , apakah bocor atau tidak ,karena jika bocor maka menyebabkan rem blong.

Mengganti Kampas Rem

Jika anda sudah mengganti part diatas semuanya namun hasil kurang maksimal mungkin kampas rem pada motor anda habis , anda bisa menggnati dengan yang baru ,bisa juga menggunakan yang racing. Harga kampas rem biasanya sekitar puluhan ribu.***

  • Share