Halo Tabung, Goa Eksotis dengan Danau Memukau

  • Share

GOA HALO TABUNG Pulau Maratua merupakan salah satu spot wisata yang disediakan oleh resort Pulau Maratua. Tempatnya yang tersembunyi membuatnya tidak banyak diketahui oleh orang-orang. Padahal goa ini memiliki danau dengan warna yang cantik. Airnya yang jernih sangat cocok bagi para pecinta snorkeling untuk menyusuri goa dalam air.

Panjang dari goa ini lebih dari 20 meter. Sedangkan kedalaman airnya lebih dari 35 meter. Sampai saat ini belum ada yang menyelami goa ini hingga ke dasar. Hal ini karena di dalam danau terdapat celah yang sempit dan belum diketahui ujungnya. Karena itulah goa ini tidak hanya menyajikan keindahan tersembunyi yang menawan namun juga misterius.

Meski tidak banyak diketahui orang, pengunjung Goa Halo Tabung ini tidak hanya turis domestik saja. Turis-turis dari luar negeri juga ada yang datang. Para pengunjung haruslah tetap berhati-hati. Karang-karang di sekitar goa cukup tajam dan dapat melukai kaki. Selain itu, adanya stalaktit dan stalakmit juga dapat membuat Anda terbentur jika kurang waspada.

Daya Tarik yang Dimiliki Goa Halo Tabung

Goa Halo Tabung di Pulau Maratua memiliki daya tarik yang tidak banyak orang tahu. Meski demikian, pengunjung yang datang selalu memiliki kesan yang tidak terlupakan. Seperti surga yang tersembunyi, beberapa daya tarik goa ini seharusnya semakin dikenal oleh orang dan banyak dikunjungi sebagai destinasi wisata alam yang menarik dan menyenangkan.

1. Air yang Jernih

Salah satu daya tarik dari goa ini adalah airnya yang sangat indah. Berwarna biru safir, membuat danau ini menjadi tampak menawan dan eksotis dilihat dari atas. Kejernihannya juga akan membuat Anda tidak sabar untuk segera menceburkan diri ke dalam danau. Ada dua cara untuk berenang di dalam goa. Anda bisa melompat di pinggir tebing atau menggunakan tangga yang berada di sisi terendah kolam.

Daya Tarik yang Dimiliki Goa Halo Tabung
Daya Tarik Dimiliki Goa Halo Tabung
Image Credit: Google Maps (Mahmud Abd Rauf)
Goa Halo Tabung di Pulau Maratua memiliki daya tarik yang tidak banyak orang tahu. Meski demikian, pengunjung yang datang selalu memiliki kesan yang tidak terlupakan. Seperti surga yang tersembunyi, beberapa daya tarik goa ini seharusnya semakin dikenal oleh orang dan banyak dikunjungi sebagai destinasi wisata alam yang menarik dan menyenangkan.

Suhu air cukup dingin, namun sangat menyegarkan. Banyaknya pepohonan di sekitar goa juga membuat suasana menjadi lebih sejuk dan menenangkan. Anda juga dapat mendengarkan suara-suara burung dan hewan-hewan khas hutan sehingga Anda bisa merasakan kembali ke alam. Meski demikian, karena terletak tidak jauh dari pantai membuat air di dalam danau terasa asin.

Baca Juga   Pangek Bilih, Kuliner Khas Tepian Danau Singkarak

2. Alam yang Asri

Goa Halo Tabung ini dikelilingi oleh hutan yang masih sangat asri dan terawat dengan baik. Bahkan dari tempat pembelian tiket, Anda sudah akan disuguhkan dengan pemandangan yang asri ini. Meski perjalanan dari tempat pembelian tiket menuju goa cukup jauh, sekitar 50 meter, namun perjalanan kaki Anda tidak akan terasa melelahkan karena selama di perjalanan Anda akan ditemani dengan pepohonan hutan.

Sangat cocok bagi para pecinta wisata alam, goa ini menyajikan kesegaran dan kesejukan. Dengan suara hewan-hewan hutan akan membuat pikiran menjadi lebih tenang. Sambil menikmati keindahan alam, Anda tetap harus berhati-hati saat melangkah karena jalan menuju goa dipenuhi karang dan kayu. Sebaiknya menggunakan alas kaki yang cukup tebal dan kuat sehingga kaki Anda tidak terluka.

Banyaknya pepohonan juga membuat danau ini dipenuhi dengan dedaunan yang jatuh. Warna kontras dari daun kering berwarna kuning dan air jernih kebiruan membuatnya justru semakin cantik dan tampak alami. Tempatnya juga bersih karena tidak ada sampah yang dibuang sembarangan. Pengunjung memang sudah seharusnya menjaga kebersihan agar wisata ini tetap alami dan asri.

3. Keindahan Goa

Goa ini menyajikan stalaktit dan stalakmit yang terbentuk alami oleh proses alam. Dipadukan dengan air danau yang jernih dan kebiru-biruan membuat goa ini memiliki daya tarik karena keeksotisannya. Selain itu, pemandangan bawah air juga tidak kalah indah. Terdapat banyak celah-celah yang membuat air laut masuk ke dalam goa. Sedangkan kedalaman goa sendiri tampak seperti tidak berujung.

Karena keindahan bawah laut yang berbeda, Goa Halo Tabung menjadi salah satu alternatif pilihan sebagai salah satu destinasi wisata di Pulau Maratua. Sebenarnya masih ada banyak goa-goa yang serupa, akan tetapi goa ini yang paling mudah untuk diakses. Karena itu, pengunjung yang ingin merasakan wisata dengan sensasi berbeda akan datang ke goa dalam air ini.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Goa

Goa Halo Tabung berada di Teluk Harapan. Tempatnya sendiri ada di Kecamatan Maratua, Kabupaten Berau yang berada di Kalimantan Timur. Anda dapat menggunakan dua cara yaitu perjalanan jalur darat dan perjalanan jalur laut. Perjalanan menggunakan jalur darat dapat menggunakan kendaraan pribadi baik kendaraan bermotor roda dua maupun roda empat.

Baca Juga   Air Terjun Kedung Kayang, Pesona Tiada Tara dari Magelang

Perjalanan menuju lokasi sendiri melalui jalan yang sudah cukup bagus. Proyek dalam peningkatan jalan yang dikelola Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Berau memang sudah selesai, sehingga akan memudahkan pengunjung menempuh perjalanan. Diharapkan juga goa ini semakin banyak dikunjungi oleh wisatawan.

Jika Anda berada di Kampung Tanjung Harapan, perjalanan menggunakan kendaraan roda dua dapat ditempuh selama 20 menit. Selanjutnya Anda harus menempuh trekking ringan hingga sampai ke goa. Sedangkan jika Anda dari Pulau Maratua, Anda dapat menuju Desa Payung-payung lalu melanjutkan perjalanan dengan trekking ringan melewati hutan selama beberapa jam sampai ke lokasi goa.

Jika Anda menggunakan jalur laut, maka Anda dapat menyewa perahu milik nelayan atau speedboat. Perjalanan hanya ditempuh selama 20 menit dari Pulau Maratua. Kemudian Anda akan turun di pinggir pulau dan melanjutkan trekking sekitar 10 menit sampai di bibir goa. Sayangnya jika air laut surut, karang yang menyembul akan menyulitkan perjalanan sehingga Anda harus berenang di perairan dangkal.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga tiket masuk Goa Halo Tabung Pulau Maratua hanya dibanderol sebesar Rp 20.000 saja untuk per orang. Namun, ada pula yang datang untuk melakukan sesi foto pre-wedding atau digunakan sebagai tempat syuting iklan ataupun film.

Jika melakukan pre-wedding, Anda harus merogoh kantong lebih dalam yaitu sekitar Rp 250.000, sedangkan untuk membuat iklan atau film, Anda harus membayar Rp 500.000 agar bisa masksimal memanfaatkan lokasi di goa tersebut.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Goa Halo Tabung

Ada beberapa kegiatan yang menarik untuk dilakukan jika Anda memilih Goa Halo Tabung sebagai destinasi wisata Anda. Terutama jika Anda menyukai wisata alam dan bahari, maka kegiatan-kegiatan yang bisa Anda lakukan akan sangat menyenangkan dan patut untuk dicoba. Berikut ini adalah kegiatan menarik yang bisa Anda lalukan jika berkunjung ke goa ini.

1. Wisata Hutan

Dikelilingi oleh hutan yang cukup lebat membuat perjalanan Anda serasa seperti berwisata hutan saat menuju goa. Apalagi baik menggunakan jalur darat maupun jalur laut, Anda masih tetap harus melanjutkan perjalanan dengan trekking ringan untuk sampai menuju goa. Perjalanan juga cukup jauh dan memakan waktu. Meski demikian, perjalanan Anda tidak akan membosankan.

Baca Juga   Kuliner Minang, Rendang Paku nan Mendayu

Hutan yang mengelilingi goa penuh dengan tumbuh-tumbuhan yang membuat perjalanan Anda menjadi sejuk dan segar. Meski Anda harus berhati-hati karena jalanan penuh dengan karang dan ranting-ranting, namun semua itu justru membuat perjalanan wisata hutan Anda jauh lebih alami. Jika Anda adalah pecinta petualangan, perjalanan ini pasti akan terasa menyenangkan.

2. Snorkeling

Goa Halo Tabung ini merupakan surga bagi pecinta snorkeling. Keindahan bawah laut dengan air yang biru jernih membuat kegiatan snorkeling menjadi aktivitas wajib jika mengunjungi tempat ini. Anda dapat menyusuri goa dengan peralatan snorkeling yang sudah disediakan. Goa dengan banyak celah-celah sempit akan membuat kegiatan snorkeling akan memiliki sensasi yang berbeda dan cukup mendebarkan.

Untuk keluar dari goa sendiri, Anda harus masuk dalam lorong goa sejauh 5 meter karena Anda tidak dapat memanjat melalui tebing. Melalui lorong ini, Anda juga harus tetap berhati-hati karena jika tidak Anda bisa saja terbentur atap goa.

3. Menguji Adrenalin

Anda dapat juga menguji adrenalin. Dengan melompat dari atas tebing, Anda juga dapat berteriak sekencang-kencangnya. Cukup menakutkan memang, namun Anda dapat menguji keberanian Anda dengan melompat dari atas tebing setinggi 5 meter. Namun, sebaiknya Anda tidak melakukan maneuver yang terlalu ekstrim. Terdapat tebing dengan karang yang tajam yang dapat membahayakan Anda.

4. Foto dalam Air

Menuju destinasi wisata alam satu ini, Anda sudah wajib membawa go-pro waterproof karena air yang jernih sangat bagus untuk diabadikan dalam foto. Keindahan dalam goa juga sayang untuk dilewatkan untuk berfoto di sana. Hutan-hutan di sekitar juga menjadi tempat yang bagus sebagai latar foto.

Fasilitas yang Tersedia di Goa Halo Tabung Pulau Maratua

Fasilitas yang tersedia di lokasi wisata alam ini adalah alat snorkeling dan juga pelampung. Anda bisa menyewa peralatan tersebut dari pengelola tempat wisata.

Selai itu, disini juga akan dipandu oleh guide. Memang untuk menikmati wisata alam ini, Anda akan memerlukan pemandu sehingga Anda bisa menikmati panorama alam di goa ini lebih aman dan nyaman.

Goa Halo Tabung merupakan destinasi yang sudah seharusnya Anda kunjungi jika berada di Pulau Maratua. Keindahan alam akan memanjakan mata Anda. Apalagi, bagi pecinta snorkeling, goa ini merupakan surga tersembunyi yang wajib untuk dikunjungi. ***

 

  • Share