Cara Merawat Spion Saat Musim Hujan

  • Share

KARENA fungsinya yang penting, spion kendaraan harus dirawat dengan baik, apalagi di musim hujan, kondisi kaca spion akan semakin cepat buram terkena air hujan.

Berikut cara merawat spion kendaraan saat musim hujan.

Menghilangkan lumpur

Hujan akan membuat banyak lumpur di jalan. Cipratan lumpur bisa mengenai mengenai kaca spion meski sangat jarang.

Jika spion kendaraan anda terkena lumpur, jangan dibiarkan sampai kering. Jika terlanjur mengering karena lupa tidak dibersihkan akan semakin sulit.

Untuk menghilangkan lumpur yang terlanjur mengering, lakukan cara khusus selain menggosok. Cukup dengan mencipratkan air sabun ke spion yang terkena. Didiamkan beberapa saat, kemudian gosok perlahan bagian sampai lumpur terlepas dan bersih.

Membersihkan karat spion

Air hujan bisa menyebabkan karat pada motor gerak spion. Karat menjadikan spion sulit digerakkan dan diatur.

Cara membersihkan karat adalah dengan melepas spion (elektrik mobil), lalu bersihkan rongga gerak spion dengan menggunakan kuas kecil. Jika masih sulit bisa di amplas dengan menggosoknya secara perlahan. Jika sudah dirasa bersih, pasang kembali spion.

Menghilangkan bercak air

Bercak air memang sering muncul pada kaca spion, kendaraan terkena hujan. Cara yang bisa dilakukan untuk membersihkan yakni dengan campuran vinegar dan air, ukurannya perbandingan 2:1. Sebab Vinegar merupakan zat asam yang aman untuk kaca spion.

Jangan Malas

Sering kali kita membiarkan kendaraan setelah terkena air hujan. Jangan sampai lama kita membiarkannya karena meski kendaraan cuma terkena sedikit air hujan (gerimis) jika dibiarkan bisa berakibat fatal.

Minimal kalau kendaraan terkena air gerimis, bisa gunakan kain kanebo untuk mengelap. Biasanya untuk kain ini sudah disiapkan dikendaraan.

Jika cuaca sudah kelihatan akan turun hujan segera parkir kendaraan di tempat yang aman dari percikan air hujan. ***

Baca Juga   Mengantuk Saat Nyetir? Begini Cara Mengatasinya

 

  • Share