Mangut Kepala Manyung, Nikmatnya Bikin Nagih

  • Share

KEPALA dari ikan manyung ini menjadi salah satu sasaran bagi para penikmat kuliner. Kuliner kepala manyung ini memang lebih banyak ditemukan di wilayah Pantura.

Olahan kepala manyung, biasanya dimasak menjadi mangut kepala manyung. Sensasi pedas dari kuah mangut dan lembut dari daging yang berada di sela-sela kepala manyung inilah yang menjadikan mangut kepala manyung tidak pernah kehilangan para penikmatnya.

Pedas, lembut, dan gurih mangut kepala manyung

Sajian khas dari kepala manyung yang dimasak menjadi mangut ini jadi sajian yang diantre oleh banyak orang. Warung mangut kepala manyung biasanya ditunggu dan ramai para penikmatnya pada siang hari.

Sensasi pedas, panas, gurih, dan lembut dari daging kepala manyung inilah letak dari kenikmatan sajian mangut kepala manyung. Kepala manyung yang telah diasap sebelumnya inilah yang memberikan citarasa yang khas.

Ketika memasuki warung yang menjual sajian mangut kepala manyung ini, aroma yang begitu khas dari kepala manyung yang telah diasap sebelumnya semakin membuat perut semakin keroncongan. Aroma-aroma tersebut membuat ingin segera menyantap sajian kepala manyung satu ini.

Olahan mangut yang terbuat dari bahan-bahan yang sederhana membuat para penikmatnya semakin ketagihan setelah mencoba. Rasa gurih yang hadir dari campuran rempah-rempah seperti bawang merah, bawang putih, lengkuas, kemiri, dan bumbu dapur lainnya. Rasa nikmat tersebut membuat lidah terasa dimanjakan.

Kuliner mangut kepala Manyung besar perlu dibelah dulu

Kepala manyung ini memang berukuran besar, ketika akan menyantapnya harus membelahnya terlebih dahulu menjadi dua bagian. Bahkan satu porsi kepala manyung dapat dinikmati 3-4 orang. Karena sebagian besar kepala manyung adalah tulang, maka untuk memakannya akan terasa nikmat jika menggunakan tangan.

Baca Juga   Uniknya Nasi Lemak Gesek Khas Kepulauan Riau

Untuk menemukan daging diantara tulang-tulang kepala manyung, para penikmatnya harus menyesap dari rongga-rongga kepala manyung. Disitulah letak kenikmatannya, daging yang digigit terasa lembut serta kuah dan bumbu yang bersampur terasa pedas dan gurih. ***

 

  • Share