Lepas Kontingen ke PON Papua, Gubernur Sumbar Optimis 10 Besar

  • Share

BuliranNews, PADANG – Gubernur Mahyeldi bersama Wakil Gubernur Audy Joinaldy secara resmi melepas Kontingen Sumatera Barat untuk mengikuti Pekan Olahraga Nasional XX Papua di Auditorium Kompleks Gubernur, Padang (27/9).

Sebanyak 188 atlet dari 29 Cabang Olahraga didampingi 58 pelatih dan 58 ofisial siap diberangkatkan untuk bertanding memperebutkan medali pada 2 hingga 15 Oktober nanti.

Sebelumnya, sebanyak 71 atlet dari sepuluh cabor berbeda sudah lebih dulu mendarat untuk berlaga pada Pada PON XX di Papua tersebut, dan telah menyumbangkan satu emas, dua perak dan satu perunggu.

Menyusul pelepasan atlet lainnya, Gubernur Mahyeldi berpesan agar segala sesuatu yang menjadi kebutuhan para atlet dipastikan menjadi prioritas utama pada PON XX ini. Ia menyampaikan khususnya kepada para pelatih, Dinas Pemuda Olahraga dan KONI untuk dapat menghadirkan situasi yang kondusif bagi para atlet, sehingga atlet dapat fokus berkompetisi.

“Saya harapkan pelatih, Dispora maupun KONI mampu menjaga kondusivitas para atlet, agar mereka fokus bagaimana bisa tampil dengan prima, berkompetisi dengan kemampuan terbaiknya.” Ujar Mahyeldi.

Selanjutnya kepada para atlet beliau berpesan agar fokus menghadapi kompetisi, mengeluarkan seluruh potensi dan berusaha untuk hadir dengan penampilan terbaiknya. Menurutnya ketika atlet mampu memperoleh prestasi terbaik maka akan memberikan semangat kepada atlet muda yang tengah berlatih mempersiapkan diri menuju kompetisi yang akan datang.

“Atlet yang bertanding dalam PON ini bukan diri sendiri, tetapi nama besar dan keunggulan Sumatera Barat. Itulah yang akan kita aktualisasi kan pada setiap pertandingan itu. Keberhasilan Atlet juga akan menjadi semangat bagi atlet muda lainnya,” Ujarnya berpesan.

Pada kesempatan itu juga Ketua KONI Sumbar Agus Suardi menyampaikan apresiasinya atas dukungan yang diberikan Pemerintah Daerah. Ia juga menerangkan pemberangkatan atlet kali ini sengaja dibagi menjadi beberapa tahap dikarenakan kondisi pandemi pada PON XX ini.

Baca Juga   Ditinggal Ronaldo, Juventus Keok dari Napoli

“Di Papua ada 4 klaster, Kabupaten dan Kota Jayapura, Kabupaten Mimika dan Merauke, maka dari itu kebarangkatan dibagi menjadi beberapa tahap, mengingat PON XX Kali ini diadakan di tengah-tengah kondisi pandemi Covid-19,” terang Agus.

Agus berharap meski dalam kondisi pandemi, pihaknya optimis meraih peringkat 10 besar dengan 16 medali emas. Naik dari perolehan peringkat 11 pada PON IX tahun 2016 lalu dengan sumbangan 14 medali emas. (*/rel)

  • Share