Sapi Kung Fu, Nama Mobil Listrik Terbaru Geely Geometry

  • Share

PEMBERIAN sebuah nama pada mobil bukan perkara mudah. Ada banyak faktor di belakangnya untuk menentukan sebuah nama akhirnya dipakai. Nama yang memiliki makna dan mudah diingat, biasanya menjadi pilihan utama.

Tidak mengherankan jika sebagian besar produsen otomotif lebih condong untuk mencari nama yang aman dan catchy.

Tapi lain halnya dengan produsen otomotif China. Pabrikan mobil Tiongkok condong memilih nama yang catchy, menarik, dan unik.

Menurut situs weburbanist.com, ada beberapa nama mobil China yang saat ini dijual dengan penamaan yang unik. Di antaranya Chery Skin (Chery Kulit), Great Wall Coolbear (Great Wall Beruang Dingin/Keren) dan merek mobil Gonow (pergi sekarang).

Tidak mau kalah dengan nama-nama unik di atas, brand Geometry di negeri Tirai Bambu baru saja meluncurkan mobil listrik terbarunya dengan nama Geometry EX3 Kung Fu Cow atau Sapi Kung Fu. Nama tersebut merupakan terjemahan dari bahasa Mandarin ke bahasa lainnya.

Pemilihan nama itu bukan tanpa maksud, melainkan nama maskot berbentuk sapi atau banteng yang digunakan Geometry untuk mempromosikan mobil ini.

Sekadar informasi, merek Geometry berada di bawah naungan Geely. Brand tersebut dibangun sejak April 2019 dan secara khusus diposisikan untuk mengembangkan dan memproduksi mobil listrik.

Geometry EX3 Sapi Kung Fu

Mengutip paultan.org, Rabu (22/9), Geometry EX3 Sapi Kung Fu adalah mobil listrik yang mempunyai dimensi cukup kompak. Mobil ini memiliki panjang 4.005 mm, lebar 1.760 mm, dan tinggi 1.575 mm.

Meski menggendong nama ‘Kung Fu’ mobil tersebut terlihat selayaknya seperti mobil listrik pada umumnya. Bodi mobil terlihat modern berkat bentuk bumper depan dan belakang yang sporti, grille unik, lampu depan dan belakang LED, sunroof, serta pelek two tone lima palang.

Baca Juga   Guys, Ini 5 Ciri-ciri Busi Rusak

Selain itu, Geometry juga menyematkan atap berwarna hitam dan aksen-aksen berwarna hijau muda pada roof rail dan di grille depan, guna menegaskan posisi sebagai kendaraan ramah lingkungan.

Interior mobil ini terlihat modern dan minimalis. Dari kumpulan foto yang tersebar di internet, kabin Geometry EX3 Sapi Kung Fu menggunakan campuran warna dual tone di bagian dasbor dan kursi, serta speedometer full digital berukuran 8 inci.

Mobil ini juga dibekali head unit bergaya floating berukuran 10.25 inci dengan navigasi dan voice command, garis AC yang memanjang dari sisi pengemudi dan penumpang, tuas transmisi putar kenob, serta lingkar kemudi flat bottom.

Fitur keselamatan, performa, dan harga

Fitur keselamatan mobil ini tergolong minim. Geometry EX3 Sapi Kung Fu hanya memiliki dual airbags, ABS, dan kursi ISOFIX di baris kedua.

Bekal motor listriknya sanggup memuntahkan daya sebesar 95 PS dengan torsi maksimal 180 Nm. Geometry mengklaim akselerasi 0-50km/jam hanya membutuhkan waktu 4.59 detik.

Baterai berukuran 37 kWh bawaannya bisa menempuh jarak 322 km dalam sekali pengecasan dan bisa diisi ulang dari 30% menjadi 80% dalam waktu 30 menit. Crossover kecil ini juga menerima pengecasan dengan daya 6.6 kW AC.

Untuk harga, Geometry EX3 Sapi Kung Fu atau Kung Fu Cow dibanderol 59.700 Yuan atau Rp 131, 5 juta (dengan kurs 1 Yuan = Rp 2.202, 63).***

  • Share