Binyolos, Kudapan Sarapan Pagi dari Kawanua

  • Share

INDONESIA merupakan negara kepulauan yang kaya akan ragam budaya. Daerah-daerah di nusantara memiliki keunikannya masing-masing. Mulai dari kain, lagu, tradisi, rumah adat, bahkan kudapan atau camilan.

Di Sulawesi Utara terdapat satu kudapan khas yang biasa disantap orang-orang di sana yaitu binyolos. Kudapan yang biasa disantap pagi hari ini terbuat dari ubi serta memiliki citarasa manis.

Kudapan binyolos dibuat dengan ubi dengan dicampur tepung terigu dan mentega dalam proses pembuatannya. Ubi yang telah dilebur kemudian dioleh bersama bahan-bahan lainnya seperti telur, vanili, dan gula pasir.

Setelah itu proses dilanjutkan dengan membentuk adonan menjadi bulat dan didalamnya dimasukan gula merah untuk memberi rasa manis dan juga renyah.

Saat yang paling tepat menikmati kue ini adalah saat pagi hari dan sore hari. Buatlah teh atau kopi sebagai teman untuk menyantap kudapan ini. Rasa binyolos yang gurih di luar dan manis di dalam ini sangat pas disajikan dengan minuman hangat.

Binyolos sangat mudah ditemukan di Kota Manado, apalagi saat pagi hari. Datang saja ke pusat oleh-oleh atau ke Pusat Kuliner Tinutuan di Wakekek, Manado. Di sana Anda akan menemukan penjual kue binyolos yang hilir mudik menawarkan kue manis yang terbuat dari ubi ini.***

Baca Juga   Gohu, Si Asam Manis dari Manado
  • Share