Jadi Jutawan dari Ngevlog? Begini Caranya

  • Share

SALAH satu pekerjaan yang lagi digandrungi anak muda zaman sekarang adalah menjadi Youtuber. Hal ini tidak lepas dari maraknya penggunaan sosial media sebagai platform untuk berbagi ilmu, informasi, atau sekedar sharing tentang pengalaman pribadi yang bisa dijadikan pelajaran dalam hidup masing-masing.

Selain karena waktu kerja yang fleksibel, penghasilan seorang Youtuber bisa mencapai ratusan juta per bulan. Melihat fenomena ini, apakah kamu tertarik menjadi Youtuber juga? Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan.

1. Tentukan konten

Konten apa yang ingin dibuat? Inilah satu pertanyaan yang mesti ditanyakan kepada diri sendiri sebelum memutuskan menjadi Youtuber. Satu contoh konten yang saat ini lagi trend di kalangan anak muda adalah tentang mengatur finansial.

Membuat konten yang lagi banyak dicari akan meningkatkan jumlah penonton. Dengan banyaknya yang menonton video milikmu, maka pemasukanmu dari platform ini juga bertambah.

Luangkan waktu untuk mengeksplorasi konten yang sedang trend. Dengan catatan, tidak plagiasi konten orang lain, ya! Kamu harus membuat konten versi diri sendiri yang lebih menarik.

2. Posting di waktu yang tepat

Selanjutnya adalah masalah posting di akun Youtube. Perhatikan waktunya karena akses ke platform ini tidak dilakukan setiap waktu, melainkan pada waktu senggang untuk sekedar mengisi hari yang kosong.
Dilansir dari situs Oberlo.com, waktu terbaik untuk mengunggah konten di Youtube adalah antara pukul 7-10 malam, saat banyak orang sedang beristirahat sebelum menjalani hari esok.

Mengenai waktu posting ini, kamu juga bisa amati dari riwayat grafik jumlah penonton di video-video sebelumnya. Jadi, kamu bisa tahu pada hari apa dan jam berapa para subscribers sering menonton video milikmu.

3. Buat konten secara teratur

Baca Juga   Ini Lho, Tampilan Galaxy S21 Edisi Spesial Olimpiade Tokyo!

Jika sudah memiliki penonton dan pengikut yang lumayan, maka tahap selanjutnya adalah membuat konten secara teratur. Misalnya, sekali dalam seminggu atau dua kali dalam seminggu. Sebab, pengikutmu sudah pasti menanti-nanti video selanjutnya.

Membuat konten secara teratur juga dapat meningkatkan exposure di Youtube, sehingga jumlah penonton bertambah secara perlahan. Jadi, tidak ada yang namanya malas-malasan.

Memang, membuat konten tidaklah mudah. Makanya setelah merekam dan mengunggah satu video, kamu wajib memikirkan ide untuk video selanjutnya. Saat waktumu lagi senggang, kamu bisa langsung buat konten.

4. Libatkan orang lain

Membuat video yang isinya tentang diri sendiri tentu menimbulkan rasa bosan. Tidak hanya bagi seorang creator, tapi juga penonton. Akan lebih baik kalau sesekali kamu melibatkan orang lain saat membuat video.
Contohnya, keluarga sendiri atau teman. Tentunya untuk konten bertema tertentu, seperti konten main games bersama atau sesi sharing tentang pengalaman tertentu.

Ajaklah orang yang nyaman berbicara di depan kamera agar hasil videonya bagus. Selanjutnya, tinggal masuk proses editing untuk memotong video yang tidak perlu.

5. Biarkan penonton memberi masukan

Tidak semua orang nyaman dikomentari. Jika kamu termasuk salah satunya, maka kamu perlu membiasakan diri terhadap komentar tersebut dari sekarang.

Komentar tidak hanya membuatmu bisa memperbaiki diri, tapi juga menjadi sumber ide untuk membuat video selanjutnya. Terkadang, ada saja penonton yang memberikan insight bagus yang mungkin dapat meningkatkan grafik viewers milikmu.

Cobalah membuka diri. Ambil sisi bagus dari komentar tersebut dan buang yang jeleknya, sehingga komentar tidak mempengaruhi performance dan menyurutkan semangatmu untuk membuat konten.

6. Berbicara dengan penonton

Meningkatkan engagement dengan penonton penting saat kamu memutuskan untuk menjadi content creator. Caranya gampang, yaitu dengan mau meluangkan waktu untuk berbicara dengan penonton.

Baca Juga   Buliranlovers, Anda Ingin Membeli Laptop untuk WFH dan SFH di Masa Pandemi? Ikuti Tips Berikut

Misalnya, membalas komentar mereka di video yang diunggah atau meminta saran mereka terkait konten yang ingin mereka lihat.

Membuka diri dengan penonton secara tidak langsung akan membuatmu dicap sebagai Youtuber yang ramah. Semakin banyak orang yang senang kepadamu.

Selain Youtube, kamu bisa manfaatkan sosial media lainnya untuk meningkatkan engagement dengan penonton setiamu. Sebut saja Instagram, Facebook, Twitter, atau blog pribadi milikmu.

7. Gunakan bantuan media sosial lainnya

Untuk setiap video yang berhasil diunggah di Youtube, jangan lupa bagikan ke sosial media lainnya guna meningkatkan jumlah viewers. Kamu bisa cantumkan link video terbaru di bio atau di story, jadi pengikutmu bisa langsung klik dan menontonnya.

Jangan lupa ajak penonton untuk like, comment, subscribe, dan membagikan video yang kamu buat kepada orang lain atau sosial media.

Orang yang tadinya tidak mengenalmu bisa jadi kenal atau bahkan menyukaimu karena konten tersebut. Jadi, jangan sungkan meminta bantuan viewers untuk meningkatkan engagement.

Itu dia tips kaya raya dari ngevlog yang bisa kamu praktekkan. Sebelum membuat video, pastikan kamu sudah menyiapkan peralatan yang mumpuni, seperti kamera, audio, lighting, dan pastinya background yang mendukung. Dengan demikian, video yang dihasilkan pun berkualitas. ***

  • Share