Identifikasi Bakat Modal Awal Cetak Atlet Berprestasi

  • Share

BuliranNews, JAKARTA – Safari identifikasi bakat yang dilaksanakan Prof Dr Syahrial Bakhtiar ke sejumlah daerah di Indonesia selepas dilantik sebagai ketua umum Ikatan Sarjana Olahraga Indonesia (ISORI), ternyata mendapat respon yang sangat positif dari berbagai kalangan.

Sebab, selain kegiatan itu berguna untuk mengetahui bakat-bakat generasi muda di penjuru tanah air akan cabang olahraga yang akan ditekuninya, pun disebabkan ketokohan seorang Syahrial Bakhtiar yang memiliki pengalaman sebagai praktisi dan juga peneliti keolahragaan.

“Identifikasi bakat, merupakan modal awal untuk mencetak atlet berprestasi. Bagaimana mungkin seorang anak diarahkan ke cabang tertentu tanpa kita pernah tahu bakat yang dimilikinya,” ucap Syahrial dalam bincang-bincangnya dengan BuliranNews beralasan.

Syahrial yang selain menjabat sebagai ketua umum di PP ISORI dan juga masih menempati posisi sebagai Ketua Yayasan Sekora, mengatakan bahwa saat ini dia fokus pada Talent Identfikasi (TId) Indonesia.

ISORI kata Syahrial, harus bersinergi dan berperan dalam melakukan sosialisasi, implementasi, mengevaluasi dan memonitor desain besar olahraga nasional yang telah disusun Kemenpora bersama stakeholder terkait.

“Harus diingat, performa terbaik bagi seorang atlet tidak terjadi secara kebetulan. Semua diawali dengan proses panjang dan kompleks. Secara global, kecenderungan dalam identifikasi dan pengembangan bakat lebih menekankan pada performa jangka pendek,” ucapnya.

Sementara persaingan yang sengit dan investasi pada dasarnya hanya ditujukan kepada para atlet yang sedikit banyaknya telah terbukti bahwa mereka memiliki potensi untuk mengukir prestasi di level tertinggi.

Sebagai seorang peneliti dan pengembang gerak dasar, Syahrial mengatakan, safari identifikasi bakat yang telah dilakukannya di sejumlah daerah, akan menjadi acuan dalam menentukan bakat-bakat alami anak Indonesia yang akan bersaing di kancah olahraga nantinya.(valdy)

Baca Juga   Warga Aceh Banyak yang Menolak Divaksin ! Satgas Covid-19, Bagaimana Ini ?
  • Share