Berselancar di Pulau Nias, Pantai Sorake Layak Dicoba

  • Share

PANTAI SORAKE berada di Pulau Nias berhadapan langsung dengan Samudera Indonesia. Makanya pantai ini memiliki karakter ombak yang bagus, bahkan tingginya bisa mencapai 15 meter di bulan-bulan tertentu, misalnya bulan April hingga September. Lebih menantang lagi saat bulan purnama tiba.

Ombaknya bisa bergulung utuh hingga ke bibir pantai, dan punya 11 kali gelombang sebelum pecah. Ombaknya juga punya lima tingkatan berbeda, sehingga peselancar bisa beraksi dengan berbagai gaya. Selain itu, ombak di Pantai Sorake selalu muncul tanpa ada jeda waktu, sehingga sangat menyenangkan bagi para surfer.

Pemula Pun Bisa Belajar

Saking bagusnya kualitas ombak di Pantai Sorake, pantai ini dijadikan lokasi kejuaraan selancar kelas dunia, seperti Nias Selatan Open Surfing Contest dan Nias Pro, yang diikuti oleh peserta dari berbagai negara. Meski pantai ini seperti surga bagi peselancar profesional, bukan berarti pemula tak bisa menikmati gulungan ombak di Pantai Sorake.

Kalau kita bukan peselancar profesional tapi tertarik mencoba dan belajar, kita bisa minta diajari warga lokal. Mereka akan menjelaskan jenis-jenis ombak di Pantai Sorake, sekaligus bisa mengajari kita teknik dasar berselancar.

Waktu terbaik untuk belajar bagi para pemula adalah pagi hari. Sebab ombaknya belum begitu tinggi, sehingga tak perlu mengayuh atau mendorong tubuh terlalu kuat ke tengah laut. Kalau sudah lelah mengarungi ombak, kita bisa beristirahat di bibir pantai sambil menonton aksi para peselancar. Bahkan bisa juga menginap di berbagai penginapan berkonsep surf camp, yang menjamur di sepanjang pantai.

Untuk mencapai pantai ini, kita harus menempuh jalur udara dari Bandara Polonia Medan ke Bandara Binaka di Gunungsitoli. Kira-kira perjalanan memakan waktu sekitar satu jam. Selanjutnya, dilanjutkan perjalanan dengan menempuh jalur darat menuju Pantai Sorake yang ada di Teluk Dalam. ***

Baca Juga   Green Bay, Sorga Tersembunyi di Ujung Jawa
  • Share