Cara Mengendarai Mobil dengan Transmisi Manual

  • Share

MESKIPUN saat ini mobil dengan trasmisi matic mendominasi di jalanan Indonesia, namun mobil dengan trasnmisi tradisional atau manual masih serting juga kita temui di tengah keramaian jalan raya.

Belajar mobil manual, memang gampang-gampang susah, terlebih untuk pengendara pemula dan tidak terbiasa dengan kendaraan mekanisme kopling.

Bagi yang sudah terbiasa dengan kendaraan kopling, mengendarai kendaraan dengan trasmisi manual mungkin akan sedikit lebih mudah. Meski begitu, Anda harus tetap belajar agar lebih mahir dan bisa berkendara dengan aman.

Berikut beberapa tips mengendarai mobil bertransmisi manual yang bisa Anda lakukan. :

1. Mengatur Posisi Duduk Senyaman Mungkin

Pertama, Anda perlu mengambil posisi duduk yang senyaman mungkin agar bisa lebih nyaman saat sedang berkendara. Tempat duduk yang nyaman dapat mempengaruhi perjalanan.

Nantinya, tempat duduk akan membantu Anda dalam menginjak rem, kopling, dan gas. Maka dari itu, atur posisi duduk yang senyaman mungkin agar perjalanan Anda mengendarai mobil ini bisa nyaman.

2. Selalu Meletakkan Kedua Tangan di Bagian Atas Setir

Untuk Anda yang masih belum mahir mengendarai mobil transmisi manual, sebaiknya selalu letakkan kedua tangan di bagian atas setir dalam posisi siaga untuk mengarahkan jalannya mobil. Posisi kedua tangan pada bagian setir akan membuat Anda menjadi lebih siaga dalam menyetir. Anda bisa memposisikannya pada arah jam 9 dan arah jam 3.

3. Menjauhkan Kaki Kiri dari Pedal Kopling

Bagi pengendara pemula, meletakkan kaki kiri di bagian pedal kopling adalah suatu kebiasaan yang susah untuk dihapuskan. Padahal, kebiasaan ini terbilang buruk dan beresiko. Kaki kiri yang selalu menginjak kopling akan membuatnya tertekan dan cepat rusak.

Tidak hanya itu saja, bisa jadi Anda salah injak dan mengakibatkan mobil hilang kendali akibat kopling yang diinjak secara tidak sengaja. Selain itu, kaki kiri yang hanya berada di atas kopling akan membuat pengemudi merasa kurang siaga jika terjadi kecelakaan yang tidak diinginkan.

Baca Juga   Spectre, Mobil Listrik Pertama Rolls-Royce yang Lolos Pengujian 2,4 Juta Km

4. Memakai Rem Tangan Saat Perjalanan Menanjak

Mengemudikan kendaraan manual, tentunya berbeda dengan matic yang lebih mudah. Saat sedang berada di jalan menanjak, pastikan untuk menggunakan bagian rem tangan. Jangan menahan pedal kopling setengah, hal ini dapat membuat rem tidak efektif dan dapat merusak kopling.

Jika mobil sedang melaju di tanjakan, tarik rem tangan saat ingin memberhentikannya. Selain dapat membuat awet kampas rem, cara ini juga dinilai lebih aman.

5. Selalu Berkendara dalam Posisi Gigi Masuk

Satu hal lagi yang tidak kalah pentingnya adalah selalu menggunakan mobil dalam posisi gigi masuk. Jangan mengemudikan mobil transmisi manual dalam posisi gigi netral meski sedang melewati jalan menurun. Hal ini dapat memicu mobil meluncur hingga hilang kendali. Maka dari itu, gunakan gigi rendah saat sedang melewati jalan turun agar bisa melakukan engine break dan mobil dapat tetap terkendali.***

  • Share