Gulai Itiak, Kuliner Khas Bukittinggi

  • Share

BUKITTINGGI merupakan daerah yang memiliki ngarai atau lembah dan juga hamparan perbukitan. Sebab itu tidak heran jika Bukittinggi memiliki suasanya yang sejuk dan lebih dingin jika dibandingkan dengan daerah lainnya di Sumatera Barat.

Kota yang berada di dekat Bukit Barisan ini, memiliki suasanya yang sejuk sehingga sangat cocok untuk bersantai, ditambah lagi dengan menyantap kelezatan kuliner minang berupa Gulai Itiak Lado Mudo yang selalu menjadi favorit wisatawan saat berkunjung.

Tak bisa dipungkiri di masyarakat Indonesia, masakan Minang memang memiliki tempat khusus di hati dan mempunyai pesona serta kelezatan yang tidak perlu diragukan lagi. Banyak yang menyukai dan menjadikan masakan kuliner ranah Minang sebagai hidangan favorit untuk dinikmati sendiri ataupun untuk dinikmati bersama teman dan keluarga.

Kuliner ini merupakan masakan istimewa dan khas dari Nagari Koto Gadang, Kabupaten Agam, Sumatera Barat yang memang populer dan banyak digemari wisatawan.

Berbahan bebek muda atau itik yang kemudian diolah dengan kuah cabai hijau. Gulai itiak ini memiliki sensasi gurih dan karakter rasa pedas yang kuat namun tetap nikmat.

Jika disandingkan dengan nasi putih hangat dan udara ngarai yang sejuk mampu menghasilkan kolaborasi yang luar biasa. Rasa pedas nikmat dan mantap berpadukan air minum hangat membuat penggemarnya acapkali berkeringat dan mendesis keenakan saat merasakan gulai ini.

Rasa gurih plus tajamnya cabai tadi, akan membuat siapapun ingin terus menambah nasi. Kenikmatan ini tentunya tidak elok jika hanya dinikmati sendiri. Alangkah indahnya jika disosialisasikan kepada orang lain terutama mereka yang memang menyuaki sensasi rasa pedas.

Dengan resep masakan Minang yang memang sudah terkenal dengan karakter rasanya yang pedas, gulai itik lado mudo menjadi salah satu masakan unggulan dari Bukittinggi khususnya di Ngarai Sianok. Maka jika kamu sedang berada di sekitar ngarai atau sedang melewati jalan mintas menuju danau Maninjau, menikmati kuliner ranah minang ini menjadi santapan wajib yang dapat menyempurnakan pengalaman kamu di Ngarai Sianok.

Baca Juga   Pacri Nanas, Kuliner Asam Pedas Khas Mempawah

Bayangkan saja, kamu bisa menikmati kesejukan lembah yang begitu indah dengan suasananya yang sejuk sembari menyantap Gulai Itik Lado Mudo yang memiliki karakter rasa gurih-pedas. Dalam suasana yang sejuk tersebut, kamu bisa mendapatkan kehangatan dengan menyantap Gulai Itiak Lado Mudo yang memanjakan lidah. Aih, sangat sedap tentunya. ***

 

  • Share