Pengen Mesin Mobil Halus Kembali? Begini Caranya

  • Share

ANDA mungkin sering mengira bahwa mobil dengan suara mesin kasar hanya dimiliki oleh mobil yang sudah lama. Namun, kondisi mobil baru juga ternyata bisa memiliki suara mesin kasar jika tidak dirawat dengan baik.

Kondisi mesin kasar yang dibiarkan berlarut-larut bahkan bisa membuat komponen mobil lain mengalami kerusakan. Untuk itu, berikut cara membuat mesin mobil halus untuk diketahui.

1. Gunakan Oli Berkualitas

Oli merupakan komponen penting yang dibutuhkan agar mesin mobil menjadi halus. Lazimnya, komponen ini memang memiliki fungsi untuk membuat mesin tidak macet dan tidak gagal fungsi.

Sehingga kondisi mesin yang dapat berjalan sebagaimana mestinya dapat menghadirkan suara yang halus. Meski demikian, banyaknya jenis oli membuat Anda harus berhati-hati dalam memilih produk berkualitas.

Pemilihan oli berkualitas sebaiknya didasarkan pada kondisi kesesuaian spesifikasi oli berdasarkan kebutuhan mesin. Anda bahkan perlu meneliti secara detail terkait spesifikasi dan merek oli sebelum membelinya.

Pasalnya penggunaan oli yang yang digunakan pada mesin memiliki pengaruh dalam menghadirkan suara mesin yang halus dan kasar. Begitu pula, cara membuat mesin mobil halus juga perlu mempertimbangkan penggunaan oli dengan baik.

Anda bahkan sangat tidak disarankan untuk menambahkan penggunaan oli lama yang terdapat pada mesin dengan oli baru. Dalam hal ini, ada sebaiknya perlu mengganti oli dengan cara membuang oli yang telah lama dan menuang oli baru pada mesin mobil.

Penggunaan oli yang baik sangat mempengaruhi kualitas mobil. Penggunaan oli berkualitas yang kurang merata ketika melumasi mesin bahkan dapat membuat suara mesin menjadi kasar.

Kebiasaan buruk dengan tidak mengganti oli secara rutin juga dapat membuat kondisi mesin kendaraan menjadi kasar. Untuk itu, Anda perlu memberi peringatan khusus terkait waktu yang tepat untuk mengganti oli.

Baca Juga   Guys, Ini Deretan Mobil Baru yang Siap Meluncur hingga Akhir 2021 di Indonesia

Sebagaimana kekurangan oli, kelebihan oli mesin pada mobil dapat membuat mesin kendaraan menjadi berat sehingga dapat menurunkan performa. Mengetahui kondisi tersebut, Anda sebaiknya memberikan asupan oli dengan cukup dan merata. Cara penggunaan ini juga perlu dipertimbangkan selain bahan oli yang digunakan.

2. Pastikan Kompresor AC Bersih

Memperhatikan kondisi kompresor AC merupakan salah satu cara membuat mesin mobil halus. Pasalnya, kompresor AC yang terletak pada bagian depan radiator mobil. Alat ini juga memiliki fungsi untuk memompa freon dan menyalurkannya ke seluruh bagian AC. Letak komponen yang berada pada bagian depan ini biasanya sangat rentan terkena kotoran yang masuk.

Parahnya lagi kotoran yang terdapat pada kompresor Ac mobil juga dapat menyebabkan suara mesin menjadi kasar. Untuk itu, Anda sebaiknya melakukan pengecekan secara rutin terhadap komponen ini agar tidak menimbulkan suara kasar. Selain membersihkan kotoran, Anda juga perlu mengisi oli kompresor AC jika habis.

3. Perhatikan Kondisi Celah Katup Mesin

Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan kondisi celah katup mesin dengan baik. Menyetel kondisi katup dengan tepat dapat menjadi cara membuat mesin mobil halus.

Dalam hal ini, Anda sebaiknya mengatur kondisi celah katup mesin dengan tepat menggunakan kunci ring 17, kunci stock dan handle untuk menghadirkan celah katup yang tidak terlalu rapat dan tidak terlalu longgar.

Tak hanya mengganggu kenyamanan, suara mesin yang kasar ternyata dapat menjadi indikator sebuah mobil mengalami masalah. Terlebih lagi jika suara kasar yang ditimbulkan oleh mesin ini berasal dari penggunaan oli yang kurang tepat maupun kekurangan komposisi oli. Untuk itu, Anda dapat memperhatikan beberapa kondisi di atas untuk menghadirkan mesin yang halus dan nyaman.***

  • Share