Coba Cek, Mungkin Kopi Anda Sudah Kedaluarsa!

  • Share

SEBELUM menyedug kopi, ada baiknya Anda memeriksanya terlebih dahulu. Apakah kopi Anda masih layak untuk diminum. Apakah kopi Anda tidak kedaluarsa. Ini penting agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan kemudian hari.

Berikut ciri-ciri kopi yang sudah kedaluarsa:

Aroma kopi

Sebelum meminum kopi, ada baiknya Anda hirup dulu kopinya untuk memastikan kopi dalam kondisi layak diminum. Kopi yang masih layak diminum ditandai dengan harum semerbak aroma khas kopi dan tidak bau apek.

Krema

Ketika menyeduh kopi, Anda akan menemukan lapisan menyerupai busa di permukaan berwarna kecoklatan keemasan. Lapisan ini disebut krema. Krema bisa dijadikan acuan kesegaran dari kopi yang akan diseduh. Jika kopi yang dipakai sudah tidak segar, biasanya warna kremanya agak memudar dan ketebalannya berkurang sedikit.

Melempem

Jika menyimpan kopi dalam bentuk biji yang sudah disangan atau biasa disebut roast bean, pastikan biji kopi itu dalam keadaan layak. Cara mengetahui biji kopi sangan itu masih layak atau tidak, cukup dengan mengambil sample salah satu biji kopi kemudian digigit atau ditekan menggunakan kuku kita. Biji kopi sangan yang masih layak digunakan akan terlihat renyah dan tidak alot.

Tanggal kedaluarsa

Sebelum menyeduh kopi, pastikan juga tidak melebihi tanggal kedaluarsa yang tercantum di kemasan.

Selamat menikmati segelas kopi Anda dengan aman dan nyaman.***

Baca Juga   Terlalu Banyak Ngopi? Ini Dampaknya Guys
  • Share