Mobil LCGC Terlaris Agustus 2021, Ini Daftarnya

  • Share

KENDARAAN Low Cost Green Car atau LCGC merupakan salah satu segmen yang cukup besar disamping LMPV atau SUV meski pemain di kelas ini tidak banyak. Tercatat ada 4 brand Jepang yang berebut ceruk LCGC, yakni Toyota, Daihatsu, Honda dan Suzuki.

Jika Toyota dan Daihatsu masuk di segmen LCGC 5 dan 7-seater, maka Honda dan Suzuki sebatas 5 penumpang.

Berdasarkan data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) bulan Agustus 2021, total penjualan LCGC seluruh segmen mencapai 14.027 unit. Dari jumlah tersebut, LCGC 5 penumpang terjual 5.249 unit, dan 8.778 unit pada segmen 7 penumpang.

Dari total wholesales LGCC 5 penumpang bulan Agustus 2021, Daihatsu Ayla cukup perkasa dibandingkan lawan-lawannya dengan angka penjualan 2.110 unit, disusul Honda Brio Satya diposisi kedua dengan capaian 1.481 unit, lalu Toyota Agya dengan catatan 1.304 unit, dan paling buncit diisi Suzuki Karimun sebanyak 354 unit.

Pencapaian Daihatsu tidak terlepas dari tawaran pilihan yang lebih beragam dibandingkan pesaing terdekatnya, Honda Brio Satya. Daihatsu Ayla menyediakan 8 pilihan tipe di kelas LCGC 5 penumpang.

Tapi menariknya, meski Toyota Agya terdiri dari 11 varian, penjualannya kalah dibandikan Honda Brio Satya yang hanya punya 3 tipe. Sedangkan Suzuki Karimun hanya menyodorkan 5 model.

LCGC 7 Penumpang

Sementara di kelas LCGC 7 kursi hanya diisi dua pemain, Toyota Calya dan Daihatsu Sigra. Total wholesales segmen ini di bulan Agustus sebanyak 8.778 unit.

Dari total jumlah tersebut, Daihatsu Sigra menempati urutan pertama dengan volume penjualan 4.859 unit, sedangan Toyota Calya sebanyak 3.919 unit.

Pada segmen ini jumlah varian Daihatsu Sigra lebih banyak dibandingkan Toyota Calya. Total Daihatsu Sigra memiliki 6 varian, sementara Toyota Calya menawarkan 4 pilihan.***

Baca Juga   Vespa GTS Super Sport 150 i-get ABS Makin Segar dan Trendy

 

  • Share