Lepaskan Dahaga dengan Es Ie Boh Timon

  • Share

ES Ie Boh Timon. namanya unik, bukan? Dalam bahasa Aceh, “le” berarti air, “boh” artinya “buah”, dan “timon” adalah mentimun. Nah, kalau mentimun lebih sering dikonsumsi bersama lalapan, di Aceh jutsru digunakan untuk jadi bahan es serut, dengan dicampur air gula serta sirup asli Aceh bernama Tirmizi.

Minuman ini biasanya dihidangkan pada saat bulan puasa, karena rasa dan kenikmatannya sangat cocok untuk menghilangkan rasa haus setelah berpuasa selama sehari penuh. Namun sobat jangan khawatir karena kalian tidak harus menunggu bulan puasa terlebih dahulu untuk bisa mencicipi kesegaran dari es ini. Sobat bisa menemukan minuman ini direstoran atau warung-warung yang ada di kota Aceh.

Kalian juga bisa membuat minuman ini sendiri dirumah lho dengan menyiapkan bahan utamanya yaitu timun sayur. Caranya pun mudah, cukup serut timun sayur, lalu campurkan dengan air gula serta sirup Tirmizi asli Aceh. Sebagai penutup, tambahkan es di atasnya.

Biar makin segar, beri jeruk nipis yang sudah dipotong ke dalam es. Ada juga yang menambahkan biji selasih. Wih, dijamin es Le Boh Timun bakal jadi pilihan tepat untuk mengembalikan semangatmu saat kamu butuh yang segar-segar di tengah panasnya matahari.

Kalian perlu tahu, seperti dilansir dari vemale.com bahwa banyak sekali manfaat mentimun yang baik untuk tubuh kita. Jadi es Ie boh timon ini, tidak hanya menyegarkan tapi juga kaya akan manfaat bagi kesehatan tubuh dan mampu mencegah dari beberapa penyakit. Beberapa khasiat yang dihasilkan dari mentimun adalah sebagai berikut.

Mentimun memiliki banyak khasiat, diantaranya berikut ini:

Menetralisir racun.

Bersifat diuretik, mengonsumsi mentimun bisa memicu produksi air seni. Yang berarti membersihkan ginjal dari racun-racun, bakteri, dan zat hasil metabolisme yang tidak diperlukan lagi oleh tubuh keluar melalui urin. Proses ini juga dikenal sebagai detoksifikasi. Mentimun juga menghidrasi tubuh karena kaya kandungan air.

Baca Juga   Wedang Cemue, Penghangat Tubuh dari Ngawi

Melawan sel kanker.

Studi yang dilakukan Robert H. Lurie Cancer Center mengungkapkan bahwa senyawa flavonoid fisetin yang dikandung mentimun bisa membunuh berbagai jenis sel kanker, mengecilkan tumor, dan merangsang sistem kekebalan tubuh. Beberapa sel kanker yang bisa dilawan antara lain adalah kanker payudara, kanker ovarium, kanker rahum dan kanker prostat.

Menurunkan berat badan.

Mentimun sangat rendah lemak tetapi mengenyangkan. Tentunya jika tidak mendapat tambahan sirup/air gula dengan berlebihan.

Menyehatkan sistem pencernaan.

Mentimun kaya akan serat dan nutrisi yang dibutuhkan sistem pencernaan terutama usus halus dan usus besar.

Mencerdaskan otak
Antioksidan di dalam buah mentimun baik buat kesehatan otak dan mencerdaskannya.

Manfaat mengonsumsi mentimun lainnya adalah untuk memperkuat tulang karena kandungan kandungan vitamin K yang sangat tinggi. Mentimun juga menyehatkan kulit, mencegah penuaan dan mencegah naiknya tekanan darah.

Dengan rasanya yang manis menyegarkan, seabrek khasiat, dan mudah banget membuatnya, tunggu apalagi, Yuk bikin es serut mentimun atau ie boh timun untuk sisa Ramadan dan persiapan hidangan Lebaran.

Semoga bermanfaat untuk kalian dan selamat mencoba.***

  • Share