Keunggulan dan Misteri Perkutut Putih

  • Share
Keunggulan dan Misteri Perkutut Putih
Keunggulan dan Misteri Perkutut Putih

BuliranNews – Ada berbagai jenis burung perkutut dengan ciri-ciri dan motif berbeda. Salah satu yang paling dikenali adalah perkutut putih atau biasa disebut albino. Di balik kelemahannya itu pula, terdapat banyak misteri perkutut putih yang berkembang di tengah masyarakat khususnya para kolektor.

Perkutut putih tidak lahir melalui genetika atau indukan serupa, sehingga memprediksi jenis ini tak semudah jenis perkutut biasa.
Karakteristik Perkutut Putih

Burung perkutut ini memiliki karakter unik dan berbeda-beda antara katuranggan satu dengan yang lainnya. Untuk membedakan jenis burung perkutut putih ini dengan tipe lainnya sangat mudah, berikut penjelasannya:

Berwarna Putih di Seluruh Tubuh

Seperti namanya, perkutut ini memiliki warna putih di sekujur bulu hingga paruh. Kakinya berwarna merah muda dengan sedikit warna putih, sehingga ciri-ciri ini yang paling mudah dikenali hanya dengan sekali lihat.

Warna Mata

Meski banyak mata perkutut putih berwarna hitam, namun beberapa juga memiliki mata merah pekat. Tampilan ini tentu sangat berbeda hingga memberikan kesan mistis di dalamnya. Memang di dunia perkutut sangat erat dengan dunia mistis. Ada banyak misteri perkutut yang begitu erat kaitannya dengan dunia mistis. Salah satu diantaranya adalah misteri perkutut bunyi malam hari, misteri ini begitu populer dan dipercaya turun temurun.

Mata Tembus Cahaya

Tak banyak yang tau jika di balik mata merah tersebut perkutut albino memiliki penglihatan yang tembus cahaya. Kelebihan ini pula yang membuat matanya sedikit terang di malam hari, dan mudah untuk dilihat.

Keunggulan Perkutut Putih

Lantaran tampilannya yang berbeda, perkutut putih memiliki sejumlah keistimewaan lain yang membuatnya menarik. Hal ini tentu dimiliki oleh setiap jenis burung sebagai daya tariknya. Untuk mengenal lebih jauh keunggulannya simak penjelasan di bawah ini:

  • Burung primadona, warna putih bersih membuatnya terlihat elegan dan mewah sehingga banyak kolektor yang mengincarnya.
  • Langka, memiliki perkutut albino akan membuat pemiliknya terlibat beruntung karena memiliki jenis langka dan sulit untuk ditemukan.
  • Terikat misteri, ada berbagai misteri yang mengaitkan dengan jenis perkutut tersebut. Bahkan beberapa menganggapnya berbahaya.
  • Sulit beternak, kesulitan yang mungkin dialami oleh pemilik adalah turunan. Karena meski kedua induk berwarna putih hasil perkawinan belum tentu melahirkan jenis albino juga. Sehingga warna tersebut langka karena indukan pun tak bisa menjamin hasilnya.
  • Sulit ditemukan, saat Anda menyambangi pasar yang menjual aneka jenis perkutut. Sangat sulit untuk menemukan tipe albino sehingga harganya cukup tinggi dan terlihat eksklusif.
Baca Juga   Belanja Online dengan Sistem COD, Tolong Catat Plus dan Minusnya Guys

Misteri Perkutut Putih

Membahas soal misteri, selain jenis albino burung ini memang selalu dikaitkan dengan berbagai hal mistis. Mulai dari mendatangkan keberuntungan hingga kesialan karena hadir sebagai jelmaan tergantung jenis dan ciri-ciri yang dipelihara.

Khususnya di daerah Jawa, mitos perkutut sangat kental di masyarakat. Jika menilik cerita rakyat, konon jenis burung ini sudah ada di zaman kerajaan dan hanya dimiliki oleh para pemimpin dan bangsawan saja. Bahkan, pemilik disebutkan akan bermimpi bertemu pria tua berjenggot putih sebelum memeliharanya.

Baca Juga : Mitos perkutut bunyi malam hariĀ 

Bukan hanya itu, mitos lain juga berkembang dimana perkutut akan mendatangkan banyak rezeki kepada pemiliknya. Warna putih yang suci seolah menggambarkan berbagai kekayaan yang akan diterima oleh orang tersebut. Kekayaan tersebut baru akan berhenti saat pemelihara meninggal dunia.

Mitos inilah yang banyak dipercaya, sehingga tak sedikit orang rela mengeluarkan biaya besar demi mendapatkan jenis perkutut putih. Perihal kebenaran cerita ini sebenarnya tergantung pada kolektor itu sendiri. Apakah meyakini hal demikian atau sekadar ingin melihat tampilan eksotis yang berbeda. Berbicara mitos perkutut, ada satu mitos yang begitu kuat dipercaya di kalangan baik kung mania maupun orang awam yaitu mitos perkutut bunyi malam hari. Mitos ini cukup anyak di bahas di berbagai kalangan lapisan masyarakat.

Misteri perkutut putih memang tak semua dipercaya, karena daya tarik sesungguhnya dari hewan ini adalah suaranya yang nyaring dan jernih. Untuk itu akan lebih baik memilih jantan karena memiliki kicauan yang lebih khas dibanding betina.

  • Share