Air Terjun Situmurun, Dari Ketinggian Langsung ke Permukaan Danau Toba

  • Share

DANAU Toba memang menjadi ikon wisata yang sangat populer di Sumatra Utara. Danau ini merupakan destinasi wisata alam yang menjadi favorit bagi wisatawan yang datang ke daerah ini, baik lokal maupun mancanegara. Selain terkenal akan keindahan danaunya, kawasan Danau Toba juga memiliki pesona lain, yaitu pulau-pulau dan air terjun yang ada di sekeliling kawasan ini.

Salah satu air terjun yang ada di sekitar Danau Toba adalah Air Terjun Situmurun. Air terjun ini juga dikenal dengan nama Binangalom. Terletak tepat di tepian Danau Toba, membuat danau ini memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang datang ke danau kaldera terbesar di dunia ini.

Dijuluki Air Terjun Binangalom

Dilansir dari merahputih, Air Terjun Situmurun dikenal juga dengan nama Air Terjun Binangalom. Nama tersebut diambil dari dua kata bahasa Batak, yakni ‘binaga’ yang artinya sungai dan ‘lum’ atau ‘lom’ yang artinya air penyejuk.

Selain itu, air terjun ini dikenal dengan sebutan Binangalom karena airnya memang berasal dari sungai yang ada di Desa Binangalom, Kecamatan Lumban Julu.

Mengalir Langsung ke Danau Toba

Air Terjun Situmurun ini terkenal karena keunikannya, di mana airnya mengalir langsung ke Danau Toba. Air terjun ini mirip dengan air terjun yang ada di Pulau Mursala yang airnya jatuh ke laut.

Air terjun ini memiliki tinggi sekitar 70 meter dengan debit air yang cukup deras. Menariknya, air di sana bukan sisa irigasi melainkan langsung dari sungai yang membuat air terjun ini sangat sejuk.

Keindahan Air Terjun

Pemandangan di sekitar air terjun ini akan membuat wisatawan yang datang takjub akan keindahannya. Hamparan Danau Toba yang sangat luas dan alam yang masih asri, membuat siapa saja yang datang ke air terjun ini tidak akan bosan. Wisatawan bisa menghabiskan waktu di sini dengan berenang dan bersantai sambil mengabadikan momen.

Baca Juga   Pantai Batu Kasah Natuna, Romansa Keindahan Kepulauan Riau

Akan tetapi, wisatawan dilarang untuk berenang terlalu dekat dengan air terjun karena arusnya cukup deras. Di lokasi ini juga banyak burung bangau yang berterbangan di dekat tebing dan air terjun.

Harus Sewa Kapal

Bagi wisatawan yang ingin datang ke air terjun ini harus menyewa sebuah kapal untuk menuju ke lokasi air terjun.

Dilansir dari tripelaketoba, wisatawan dapat menyewa speed boat dari Kota Parapat atau dari Desa Gopgopan Toba Samosir. Biasanya biaya yang dibutuhkan untuk sewa kapal ke Air Terjun Situmurun ini adalah sekitar Rp500 ribu.***

  • Share