Oblok Tongki, Kuliner Khas di Timur Jakarta

  • Share

KALAU bicara soal kuliner khas di Bekasi pasti tak jauh dari gabus pucung dan semur jengkol. Soal oblok tongki, belum tentu semua tahu. Wajar saja karena restoran yang menawarkan hidangan ini terbilang langka.

Begitu disodori daftar menu di sebuah rumah makan, nama oblok tongki langsung menarik perhatian. Maklum saja, nama ini sebelumnya tak pernah masuk referensi.  Oblok tongki bebek satu porsi harganya Rp 35.000 saja.

Kesan pertama saat melihat oblok tongki adalah hidangan ini mirip rendang ayam. Ada bumbu cabai kental yang membalut potongan daging bebek. Aromanya pun cukup menggugah selera makan.

Bagaimana rasanya? Seperti rendang, tapi bukan. Mirip kari bebek, tapi bukan. Bebek rica-rica? Mirip. Pedas yang bisa ditolerasi lidah. Gurih karena campuran bumbu yang menyatu pada daging bebek, dan dagingnya pun lumayan empuk. Dinikmati dengan nasi panas dan bakwan udang, mantap sekali rasanya.

Proses pengolahan oblok tongki, membutuhkan waktu yang agak lama untuk membuat daging bebek tersebut lunak. Belum lagi proses pencampuran dan peresapan bumbu yang tidak sembarangan dilakukan. ***

 

Baca Juga   Rujak Juhi Pak Somad, Kenikmatan Rasa Khas Betawi
  • Share