Wuling Xingchen Siap Saingi Honda HR-V

  • Share

WULING Almaz kerap dikaitkan sebagai lawan sepadan dari Honda CR-V atau HR-V. SUV Almaz pertama kali diperkenalkan pada tahun 2019 dan dibanderol dengan harga Rp 350 jutaan.

Dilihat dari banderol harga, Almaz memang bisa head to head dengan CR-V maupun HR-V. Namun secara keseluruhan dapat dikatakan ketikanya bukanlah lawan yang pas.

Sebenarnya Wuling punya model yang lebih tepat sebagai lawan Honda HR-V di Indonesia. Mobil tersebut adalah Wuling Xingchen. Sayangnya SUV ini belum dipasarkan di Indonesia.

Wuling Xingchen memiliki bodi lebih kompak dibanding Almaz, membuatnya lebih cocok untuk menjadi pesaing Honda HR-V.

Sebagai gambaran SUV baru ini mempunyai panjang 4.594 mm, lebar 1.820 mm, dan tinggi 1.740 mm. Sedangkan Honda HR-V berdimensi panjang 4.294 mm, lebar 1.772 mm, serta tinggi 1.580 mm.

Detail-detail Wuling Xingchen

Mengutip chejiahao.autohome.com.cn, Jumat (17/9), Wuling Xingchen memiliki bahasa desain yang cukup berbeda dengan Almaz. Bodi luar mempunyai beberapa tarikan garis, namun tidak se-agresif Almaz. Hal ini membuat tampilan Xingchen lebih minimalis dan mewah.

Ada berbagai fitur menarik pada eksteriornya, di antaranya bentuk DRL yang menyambung ke grille, pelek lima palang bermotif kipas ukuran 18 inci, warna two tone, dan housing lampu kabur depan yang mirip dengan bentuk reflector di belakang.

Sementara interiornya, Wuling Xingchen mengadopsi bentuk yang minimalis dan modern, sama seperti eksteriornya. Dasbor terlihat clean berkat adanya garis memanjang dari sisi penumpang sampai bagian tengah. Bahkan tombol-tombol AC dibuat menyatu dengan dasbor, menjaga tampilan minimalis tersebut.

Interiornya didominasi oleh campuran warna hitam dan putih. Warna hitam itu makin mengkilap berkat penggunaan piano black pada beberapa bagian interior, seperti pada lis AC dan konsol tengah. Sementara warna putihnya menyebar pada bagian jok hingga doortrim, namun untuk varian tertinggi ada pilihan warna beige.

Baca Juga   Toyota Corolla DX Segera Combeback

Untuk fitur kenyamanan, mobil ini sudah dilengkapi speedometer full LCD, head unit 10.25 inci (8 inci untuk varian bawah), panoramic sunroof, AC dual zone otomatis, jok dan rem parkir elektrik, serta ada power back door.

Mesin dan harga

Wuling Xingchen dbekali mesin 1.500cc turbo berkode LJO dengan semburan tenaga sebesar 149 hp dan torsi maksimal 250 Nm. Transmisi yang dipakai adalah manual enam pecepatan untuk varian termurah, sedangkan model teratas menggunakan CVT.

Untuk harga, Wuling Xingchen dibanderol mulai dari 69.800 yuan atau Rp 154 juta (dengan kurs 1 yuan = Rp 2.205,54). Sementara varian termahalnya diberi harga 99.800 yuan atau 220 juta.

Tahun ini SUV tersebut baru dijual sebatas di negara asalnya. Namun tahun 2022 akan mulai dipasarkan ke negara lain.

Melihat kesuksesan Almaz, bisa jadi Wuling Xingchen juga akan diboyong ke Indonesia tahun depan.***

  • Share