Jalabia, Cucurnya Orang Bekasi

  • Share

KUE JALABIA adalah jajanan yang berbahan dasar tepung ketan, tepung beras, kelapa, santan, serta perasa gula merah. Kue ini berbentuk bulat layaknya donat, dan berwarna hitam. Sedangkan teksturnya sendiri cenderung lengket seperti kue dodol.

Cita rasa kue Jalabia sangat manis, dan cocok untuk disantap bersama dengan teh atau kopi hangat. Harga untuk satu buah Jalabia pun cukup murah, yaitu hanya sekitar Rp 2 ribu rupiah untuk satuannya.

Kue Jalabia atau dikenal dengan kue cincin karena bentuknya memang mirip dengan cincin. Bahkan yang tidak tahu ada juga yang bilang donat mini karena bentuknya mirip donat kecil-kecil. Yang membedakan Kue Jalabia dengan kue donat atau kue cincin adalah pada bagian Kue Jalabia yang berlumuran cairan Gula Merah karena memang dicelupkan kedalam gula merah setelah selesai digoreng.

Kue ini sudah jarang sekali ditemui untuk wilayah Cikarang dan sekitaranya, bahkan saat acara hajatan sekalipun kue ini sudah sangat jarang disajikan. Kue ini juga tidak ada yang jual karena membuatnya juga gampang.

Yuk kita simak Resep Kue Jalabia khas Betawi yang enak dan gampang.

Bahan Kue Cincin

Minyak untuk menggoreng600 gram tepung ketan150 gram tepung beras1 sendok teh garam1 butir kelapa agak muda250 gram gula merah100 gram gula pasir600 mililiter air

Cara Membuat Kue Cincin

Pertama parut kelapa dengan memanjangMasukka tepung ketan, tepung beras, kelapa parut dan garam dalam satu wadahTuangkan air kemudian aduk dengan rata, hingga adonan kalis dan dapat dibentukAmbil satu sendok makan adonan dan bentuk menjadi bulat, bolongi tengahnya seperti bentuk donat.

Panaskan minyak dan goreng adonan kue cincin hingga warnanya berubah menjadi kuning kecokelatanSetelah matang, maka segera angka dan tiriskanPanaskan gula pasir, gula merah, dan air hingga mengentalMasukkan kue cincin kedalam larutan gula lalu aduk dengan cepat dan segera angkat. Resep kue cincin enak telah dibuat dan siap disajikan.

Baca Juga   Gohu, Si Asam Manis dari Manado

Setelah saya browsing-browsing sana-sini ternyata banyak juga daerah yang mempunyai khas seperti Cirebon, Tegal, Brebes dan daerah lainnya sedangkan untuk penamaanya ada yang bilang Jalabia, Gemblong, Getas atau Jeblem. Bahkan untuk bahannya juga macam-macam ada yang dari singkong, beras ketan.***

  • Share