Cara Oper Gigi Mobil Manual di Tanjakan

  • Share

MOBIL bertransmisi manual menjadi pilihan tepat bagi konsumen yang mengincar dan profil akselerasi yang spontan. Namun bagi yang tidak familiar maupun pada pengemudi pemula, mungkin akan agak bingung cara oper gigi di tanjakan supaya mesin tidak mati.

Hal ini wajar saja. Sebab mobil tiga pedal tidak serupa dengan yang bertransmisi matic. Pengemudi harus menjaga putaran mesin secara mandiri dengan memainkan pedal gas dan kopling.

Hal ini di satu sisi memang cukup menantang dan jadi sensasi tersendiri, terlebih ketika mobil tengah melalui jalan menanjak. Bagi yang belum paham cara oper gigi di tanjakan supaya mesin tidak mati, simak artikel ini sampai habis, ya.

Keadaan mobil di tanjakan

Hendak diketahui sebelumnya bahwa di sini bisa kita kategorikan dua kondisi mobil saat di tanjakan. Yakni keadaan tengah berjalan dan keadaan diam.

Pada mobil yang termasuk dalam keadaan diam contohnya adalah saat mobil kena macet atau bahkan ketika mobil baru mulai dihidupkan dan akan jalan.

Hendaknya pengemudi wajib menguasai cara oper gigi di tanjakan supaya mesin tidak mati. Jika belum menguasainya maka sama saja ia mempertaruhkan keselamatan diri sendiri, penumpang maupun pengguna jalan lainnya.
​​​​​​​
Posisi mobil keadaan berjalan

Dalam kondisi berjalan dan macet, di mana pengemudi diuji karena mobil bukan cuma harus stop and go tapi juga menjaga agar mobil tidak mati bahkan mundur. Berikut langkah-langkah agar mobil aman saat macet di tanjakan mengemudi mobil bertransmisi manual.

Perhatikan jarak aman dengan kendaraan di depan

Injak rem dan kopling secara penuh jika kendaraan depan berhenti karena macet. Tetap jangan sentuh pedal gas walau kondisi berhenti terbilang lama.

Baca Juga   Spectre, Mobil Listrik Pertama Rolls-Royce yang Lolos Pengujian 2,4 Juta Km

Misal kendaraan di depan mulai merayap maju maka injak pedal gas dengan kaki kanan dan lepas kopling secara selaras

Dalam menekan pedal gas sesuaikan dengan putaran mesin dan gerakan kendaraan. Jika mobil mulai bergerak mundur atau mesin mati artinya bukaan gas kurang besar dan kopling kurang menutup
Posisi mobil keadaan diam

Tak sedikit beberapa area parkiran atau kondisi yang mengharuskan kita parkir di jalan menanjak. Bagi pengemudi pemula mobil manual tentu akan bingung saat akan menjalankan mobil.

Sebab saat rem tangan dirilis bisa-bisa mobil malah mundur atau mati karena kebingungan menggunakan pedal kopling dan gas.

Simak caranya yang benar berikut ini.

  • Nyalakan mesin
  • Injak pedal kopling penuh
  • Masukkan gigi 1
  • Rilis rem tangan atau rem parkir
  • Injak pedal gas perlahan sampai putaran mesin cukup untuk membuat mobil menanjak perlahan
  • Lepaskan pedal kopling secara perlahan dengan diimbangi injakan pedal gas
  • Saat mobil sudah menanjak tak perlu lagi injak kopling kecuali saat hendak memindahkan gigi

Itulah cara mengemudi mobil bertransmisi manual agar mesinnya tidak mati mendadak saat berada di tanjakan. Mesin mobil yang mati tersebut kemungkinan besar diakibatkan karena tidak sesuainya putaran mesin dengan bukaan kopling. ***

  • Share