Tempe Dages, yang Garing dari Cilacap

  • Share

TEMPE dages khas Cilacap memiliki bahan yang berbeda dari tempe pada umumnya. Tempe ini dibuat menggunakan bahan berupa ampas tahu, sehingga memiliki warna abu-abu dan berbentuk kotak padat. Tempe dages biasanya disajikan dengan cara digoreng menggunakan tepung bumbu.

Tempe dages sangat nikmat bila dinikmati untuk bersantai sebagai camilan. Makanan yang satu ini memiliki rasa unik dan lezat. Tentunya jika dimakan menggunakan cabai cengek maupun cabai hijau. Jika Anda tertarik dengan hidangan ini, tempe dages biasanya dijual per butir dengan harga sekitar 500 rupiah.

Selain itu, Anda dapat dengan mudah mendapatkan tempe dages di warung-warung yang berada di Kota Cilacap. Begitu pula, tempe dages juga dapat diperoleh di pasaran dengan bentuk yang masih belum olahan. Sehingga, Anda dapat mengolah tempe dages menjadi makanan lezat yang Anda inginkan.

Tempe Dages adalah makanan atau cemilan khas Cilacap. Biasanya tempe dages disajikan dengan cara digoreng menggunakan tepung bumbu seperti menggoreng mendoan, kita juga bisa membeli gorengan tempe dages juga di penjual gorengan-gorengan bersama gorengan lain seperti mendoan, tahu isi dan lainnya.

Selain digoreng, tempe dages bisa juga dimasak menjadi masakan oseng Lombok ijo. Namun kali ini jejajanan hanya menceritakan olahan dages menjadi gorengan yang enak dan memiliki rasa yang khas serta unik.

Tempe dages biasanya dijual dengan harga yang sangat terjangkau di warung-warung gorengan di kota Cilacap atau Banyumas dan sekitarnya, yaitu sekitar 500 rupiah per potongnya saja.Selain di daerah Banyumas atau Cilacap, jajanan sejenis Dages juga bisa kita temui di Jogja.

Namun sedikit berbeda jika di Jogja, makanan sejenis Dages ini di Jogja biasa disebut Tempe Gembus. Cara dan penyajiannya juga hampir sama yaitu biasa dijadikan gorengan atau dimasak dengan cabai hijau. ***

Baca Juga   Gurihnya Gulo Puan, Kudapan Bangsawan Palembang
  • Share