Wajib Tahu, Ini Cara Jitu Rawat Knalpot Mobil

  • Share

BANYAK dari kita sebagai pengendara kurang memperhatikan kualitas knalpot kendaraan kesayangan kita. Padahal peran knalpot itu terbilang penting. Selain bisa membuat tampilan makin keren dan memiliki suara gahar, knalpot bisa menambah performa kendaraan berkat pembuangan yang sempurna.

Nah untuk itu perawatan menjadi hal penting, jika kita melakukan perawatan yang tepat maka dijamin bisa membuat mobil jadi lebih sempurna. Terlebih merawat knalpot terbilang sangat mudah.

Salah satu perawatan sederhana knalpot, yaitu hanya cukup membawa mobil setiap hari. Artinya tidak hanya dipanaskan setiap harinya. Jika memang mobil terpaksa hanya ter parkir di rumah, minimal seminggu dua kali mobil harus dibawa berkendara.

Karena jika mobil hanya dipanaskan setiap harinya, tanpa dibawa berkendara hal ini bisa membuat knalpot menjadi korosi pada bagian dalamnya. Karena bayangkan saja jika ada air didalamnya tidak keluar kalau tidak dibawa berkendara. Sehingga ini bisa membuat bahan plat knalpot bisa rusak.

Jika knalpot tidak dirawat dengan baik, maka knalpot yang rusak akan terasa dan terdengar jelas. Seperti akan menimbulkan suara-suara kasar pada bagian kolong mobil. Selanjutnya getaran knalpot akan terasa lebih kencang. Dan yang paling terlihat knalpot mobil memiliki tampilan yang tidak sempurna alias bolong. Supaya hal tersebut tidak terjadi, simak beberapa tips merawat knalpot mobil yang baik dan benar berikut ini:

Pemberian Oli

Tips merawat knalpot mobil yang pertama adalah memberikan oli ke dalam lubang knalpot. Fungsi dari oli tersebut adalah untuk membuat kondisi silencer basah sehingga karat tidak akan muncul karena tidak akan langsung terhubung dengan udara.

Untuk pemberiannya sebaiknya dilakukan dalam kondisi knalpot panas. Anda bisa memanasi mobil terlebih dahulu setelah mesin dan knalpot dirasa panas segera masukkan oli tersebut. Berikanlah secukupnya saja sekitar 500 ml.

Baca Juga   CB 150 R Bekas Mulai Rp 9 Jutaan, GSX R 150 Rp 17 Jutaan, Siapa Tertarik?

Cek Drainase

Yang bisa dilakukan selanjutnya adalah dengan melakukan pengecekan pada drainase. Setiap knalpot mobil memiliki lubang drainase dimana fungsinya adalah untuk menampung air yang masuk ke dalam silencer supaya tidak menjadi tergenang.

Drainase ini letaknya ada di ujung bawah silencer dan berdekatan dengan pipa leher knalpot tersebut. Pengecekan ini berfungsi untuk memastikan jika drainase tersebut tidak mengalami buntu atau mampat. Caranya cukup dengan memasukkan lidi, jika dirasa tidak ada hambatan di dalamnya menandakan tidak ada kebuntuan.

Ampelas Knalpot

Jika sudah telanjur muncul karat cara menghilangkan yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan ampelas. Anda bisa menyemprotkan cairan penghilang karat ke knalpot mobil tersebut kemudian gosok dengan menggunakan ampelas. Cairan ini tidak boleh digunakan setiap waktu karena sifatnya yang korosif sehingga justru akan mengikis lapisan knalpot mobil tersebut.

Pelapis

Agar tampilan knalpot lebih kinclong ada baiknya jika melapisinya dengan pengkilap. Pengkilap ini seperti semir yang mana akan membuat warna knalpot mobil seperti baru lagi. Tidak di pungkiri jika knalpot ini warnanya akan mudah kusam dan pudar sehingga pelapis ini sangat diperlukan.

Segera Keringkan Knalpot

Saat kondisi hujan, penting untuk segera mengeringkan knalpot tersebut. Sebab jika tidak segera dikeringkan knalpot akan mudah menjadi keropos terkena air hujan. Setelah dikeringkan pada bagian luarnya Sahabat juga harus mengeringkan bagian dalam dengan memanasi mesin mobil tersebut.

Cairan Portex

Jika knalpot memiliki noda yang membandel, Anda bisa membersihkannya dengan cairan portex. Dengan cairan ini noda membandel akan mudah menghilang. Namun yang harus diingat adalah cairan ini sifatnya sangat kuat sehingga harus berhati-hati dalam pengaplikasiannya.

Pertamax dan Minyak Tanah

Jika knalpot mobil terkena noda aspal sebaiknya segera menghilangkan percikan aspal tersebut menggunakan pertamax yang dicampurkan dengan minyak tanah. Oleskan pada bagian knalpot yang terkena aspal tersebut kemudian sikat dengan sikat gigi yang bulunya masih halus dan lembut.

Baca Juga   Boyong SUV Tiggo, Chery Kembali 'Mengadu Nasib' di Indonesia

Supaya bisa berfungsi dengan baik knalpot harus dijaga dengan baik dan benar. Terlebih lagi jika knalpot yang dimiliki masih orisinal dibutuhkan kehati-hatian dalam perawatannya. Lakukanlah beberapa tips merawat knalpot mobil seperti yang dijelaskan di atas untuk membuat knalpot awet dan anti karat. Selamat mencoba. (*/grs)

  • Share