Wedang Cemoe, Minuman Unik Khas Madiun

  • Share

TIDAK hanya terkenal dengan kuliner tradisional atau hidangan utama saja, tetapi madiun juga memiliki minuman khas yang jarang orang ketahui yaitu Wedang Cemoe. Pada dasarnya hidangan ini sama dengan ronde atau angsle yang berguna untuk menghangatkan badan pada saat musim hujan. Tidak jarang jika pengguna rental mobil Surabaya mencari hidangan ini pada saat malam hari.

Hal unik dari hidangan Cemoe sekaligus yang membedakannya dari ronde atau angsle adalah penggunaan santan kelapa. Ya jika yang lainnya menggunakan air jahe namun minuman ini menggunakan santan yang direbus dengan jahe sehingga menghasilkan rasa gurih dan hangat di tubuh.

Unik

Dalam satu mangkuk Wedang Cemoe berisi kuah santan yang panas dan manis, kacang tanah goreng dan potongan roti tawar. Untuk menikmatinya di kota Madiun cukup mudah, karena ada banyak warung sederhana di pinggir jalan yang menjajakannya.

Para pedagang biasanya mulai menjual wedang cemoe dari jam 5 pagi hingga jam 12 malam. Jadi Anda bisa menjadikannya hidangan dipagi hari ataupun malam hari untuk menghangatkan tubuh. Sebagai minuman malam hari, wedang ini menampilkan paduan rasa manis dan hangat. Gurihnya kacang tanah dan potongan roti menjadikan minuman ini memiliki rasa yang khas.

Harganya juga terjangkau yaitu sekitar Rp. 3.000 untuk setiap mangkok. Di tempat ini juga tersedia ronde yang rasanya juga tidak kalah nikmat dengan wedang cemoe. Untuk melengkapi tersedia juga berbagai macam gorengan untuk menemani Anda.

Tak hanya wedang cemoe, di sana juga ada es cemoe yang pastinya menyegarkan saat diminum kala matahari tengah bersinar terik. ***

Baca Juga   Kobbhu, Penyegar Tenggorokan Khas Madura
  • Share