Guys, Ini Dia 7 Kota Terpanas di Indonesia

  • Share

NEGARA INDONESIA dewasa ini memiliki 98 kota dengan 416 kabupaten yang tersebar di ribuan pulau. Beberapa kota di Indonesia dikenal ada yang panas dan dingin.

Indonesia adalah negara dengan iklim tropis basah. Rata-rata di Indonesia suhu berada di rentang 25 sampai 36 derajat celcius.

Meski begitu, ada daerah-daerah di Indonesia yang suhunya bisa mencapai 39.5 derajat lho. Wah, sudah bisa dibayangkan, bagaimana panasnya jika kita tinggal di kota tersebut.

Kali ini, kami hadirkan kota terpanas di Indonesia yang dikutip dari berbagai sumber.

1. Bima

Bima adalah kota yang terletak di bagian Timur pulau Sumbawa bagian Timur dari NTB (Nusa Tenggara Barat). Bima memang dikenal sebagai salah satu kota dengan suhu udara terpanas di Indonesia.

Bima tercatat pernah mengalami peningkatan suhu udara mencapai 39 derajat celcius. Pada siang hari, rata-rata suhu di Kota Bima ini berada di 32 sampai 33 derajat celcius.

2. Pekanbaru

Kota lain di pulau Sumatera yang memiliki predikat sebagai kota terpanas di Indonesia adalah Pekanbaru yang terletak di Provinsi Riau.

Pekanbaru sendiri memiliki iklim tropis dengan suhu terendah di 23 derajat celcius (pagi hari) dan sekitar 33 derajat celcius (siang hari).

Sementara, suhu tertinggi berada di 34 sampai 35 derajat celcius. Hal ini adalah temperatur normal yang tak dipengaruhi oleh faktor apapun.

3. Surabaya

Siapa yang tidak tahu jika Surabaya adalah kota terpanas. Ibu Kota dari Provinsi Jawa Timur ini merupakan kota metropolitan terbesar kedua di Indonesia setelah Jakarta.

Kota yang terletak di pantai Utara Pulau Jawa bagian Timur ini diketahui memiliki suhu terendah 25 derajat celcius (pagi hari) dan sekitar 32 derajat celcius (siang hari).

Baca Juga   Pinisi, Sejarah Kehebatan Pelaut Nusantara

Surabaya sendiri pernah tercatat memiliki suhu tertinggi sekitar 37 derajat celcius, disebabkan oleh hari tanpa bayangan, dimana matahari berada tepat di atas Kota Surabaya.

4. Bekasi

Bekasi merupakan bagian dari kota megapolitan Jabodetabek yang memiliki jumlah penduduk terbanyak di Indonesia lho.

Selain itu, Bekasi juga dikenal sebagai salah satu kota terpanas di Indonesia. Bekasi memiliki suhu terendah 24 derajat celcius (pagi hari) dan sekitar 32 derajat celcius (siang hari).

Kekurangan ruang terbuka hijau serta pembangunan yang terus-menerus diperkirakan menjadi penyebab utama temperatur kota ini terasa panas.

Suhu udara tertinggi kota ini pernah tercatat berada di 37 derajat celcius.

5. Palembang

Kota terbesar kedua di Provinsi Sumatera ini juga termasuk salah satu kota terpanas di Indoenesia. Palembang merupakan Ibu Kota Provinsi Sumatera Selatan yang memiliki iklim tropis dan memang dikenal panas.

Suhu pagi hari diperkirakan berada di 23 derajat celcius dan 32 derajat celcius pada siang hari.

Tercatat, suhu di Kota Pempek ini pernah menyentuh angka 36 derajat celcius.

6. Medan

Medan merupakan Ibu Kota Sumatera Utara. Medan sendiri adalah kota terbesar ketiga yang ada di Indonesia. Kota ini sejak dulu memang dikenal sebagai kota terpanas di Indonesia.

Medan sendiri pernah tercatat memiliki suhu udara mencapai 36.8 derajat celcius. Salah satu faktor yang menyebabkan suhu udara terasa panas disini karena curah hujan yang ada di Sumatera Utara terbilang rendah.

7. Cirebon

Cirebon merupakan kota penghasil udang rebon yang cukup terkenal di Indonesia. Berada di Provinsi Jawa Barat, kota ini berada di jalur Pantura yang menghubungkan antara empat kota besar, yaitu, Jakarta, Cirebon, Semarang, dan Surabaya.

Baca Juga   6 Danau Ubur-Ubur Tanpa Sengat Tercantik di Indonesia

BMKG pernah mencatat suhu tertinggi di kota ini mencapai 38.8 derajat celcius pada tahun 2019.***

  • Share