Sistem Kekebalan Tubuh akan Lemah Jika Anda Sering Konsumsi 7 Makanan Ini

  • Share

BEBERAPA jenis makanan mungkin terasa enak. Namun, makanan tersebut ternyata tidak cukup gizi, dan justru membuat sistem kekebalan tubuh melemah.

Dilansir dari Ecowatch pada Kamis (16/9), beberapa makanan justru tak baik dikonsumsi karena melemahkan imunitas. Berikut makanan yang melemahkan sistem kekebalan tubuh, dirangkum berdasarkan penjelasan ahli.

1. Makanan Manis

Ketika memikirkan makanan manis mungkin dikaitkan dengan permen, cokelat dan manisan olahan lainnya. Namun, ternyata, buah atau jus kalengan mengandung banyak gula tambahan juga tak baik bagi sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, menambahkan terlalu banyak gula ke dalam makanan juga dapat meningkatkan gula darah. Kondisi ini bisa meningkatkan protein inflamasi terutama pada mereka dengan diabetes. Untuk itu, hindari mengonsumsi banyak gula.

2. Makanan Asin

Garam mungkin membuat makanan terasa jauh lebih enak. Namun, ini buruk untuk tubuh. Kelebihan garam bisa menghentikan fungsi kekebalan untuk bekerja secara normal, mengubah bakteri usus, dan meningkatkan risiko penyakit autoimun.

3. Daging Olahan

Saatnya meninggalkan hot dog dan jenis makanan daging olahan lainnya. Daging olahan tinggi lemak jenuh dan telah terbukti berkontribusi terhadap disfungsi sistem kekebalan tubuh .

Daging juga memiliki produk akhir glikasi lanjutan yang merupakan senyawa berbahaya yang terbentuk ketika lemak dan protein bercampur dengan gula dalam darah. Sebagian besarnya berasal dari makanan yang dikonsumsi.

4. Makanan Cepat Saji

Siapa yang menyangkal bahwa makanan cepat saji tidak baik untuk tubuh. Makanan cepat saji tidak hanya buruk bagi berat badan tetapi juga dapat membahayakan sistem kekebalan tubuh.

Selain mengandung banyak garam, terkadang hal yang berbahaya dari makanan cepat saji adalah kemasan plastik atau styrofoam yang mengacaukan produksi hormon pada manusia.

Baca Juga   Hamil dengan Inseminasi Buatan? Ini Syaratnya !!

5. Makanan dengan aditif

Semakin banyak makanan yang diproses, semakin banyak aditif yang dikandungnya untuk meningkatkan tekstur, rasa, pengawetan dan sejenisnya. Zat aditif dapat menyebabkan disregulasi imun dengan mengubah bakteri usus dan meningkatkan peradangan.

Jadi, hindari makanan dengan zat aditif. Apa saja? Selain daging dan bacon, sup kalengan, sayuran kaleng, makan malam beku, makanan ringan, dan apapun dengan masa simpan yang lama mengandung zat aditif.

6. Gorengan

Makanan yang digoreng bersaing dengan makanan cepat saji dan daging olahan untuk kandungan AGE. Ingat, produk akhir ini meningkatkan risiko kerusakan sel dan peradangan. Makanan jenis ini juga menguras mekanisme antioksidan tubuh, dan mengganggu bakteri usus.

7. Kafein dan Alkohol

Kafein pada dasarnya tidak akan merusak sistem kekebalan. Namun, terlalu banyak konsumsi kafein bisa menyebabkan kurang tidur. Kafein di sini tidak hanya membahas kopi saja tetapi juga teh dan cokelat. Bila ingin mengonsumsi kafein, sebaiknya membatasinya agar tidak berlebihan.

Tak hanya kafein, alkohol juga menekan respons imun dengan mengurangi jumlah sel yang melawan infeksi. Kondisi ini membuat seseorang lebih rentan terhadap sepsis, kesehatan luka yang buruk, dan radang paru-paru. ***

 

  • Share