Baterai Ponsel Cepat Drop? Begini Solusinya

  • Share

SEMAKIN lama sebuah ponsel digunakan, kinerja baterai ponsel menurun secara dramatis. Ini adalah situasi yang dimaklumi oleh banyak orang, tapi ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk memperpanjang baterai ponsel tanpa mengurangi penggunaannya. Bagaimana caranya?

Dilansir di laman Irish Examiner pada Rabu (15/9), jangan biarkan baterai Anda terus-menerus terisi penuh. Sama halnya, Anda juga tidak ingin baterainya bersusah payah pada tingkat daya 1 persen.

Baterai berjuang paling keras pada kondisi ekstrem itu, tapi secara teratur menjaga baterai Anda di antara 20 persen dan 80 persen adalah yang terbaik karena ketika ion lithiumnya berada di bawah tekanan paling sedikit.

Gunakan kabel pengisi daya resmi dari pabrikan ponsel Anda. Anda mungkin tergoda untuk membeli alat pengisi daya yang murah, tapi bukannya menguntungkan, hal itu justru membahayakan ponsel.

Beberapa pengisi daya resmi, seperti yang berasal dari Apple, menyertakan teknologi yang menghentikan pengisian daya saat baterai penuh. Pengisi daya merek “alternatif” mungkin tidak memutus pengisian daya, yang menyebabkan penurunan daya baterai dan mengurangi masa pakai baterai. Tidak semua kabel tidak bermerek akan menyebabkan hal ini, tetapi lebih baik aman dibandingkan menyesal ketika Anda berurusan dengan alat yang mahal dan diperlukan.

Pantau aplikasi yang bekerja saat Anda tidak menggunakan ponsel atau saat menggunakan aplikasi lain. Jka tidak perlu, Anda dapat menghapus aplikasi atau mengotak-atik pengaturannya untuk mengurangi tekanan pada baterai Anda.

Demikian pula, kurangi kecerahan layar Anda karena ini dapat menguras baterai terbesar. Anda mungkin tidak memerlukan cahaya pada 100 persen dan mata Anda, serta baterai, akan mendapat manfaat dari pengurangan tersebut.

Jika Anda bepergian dengan bus, kereta api, atau menggunakan ponsel di kafe, sambungkan ke wifi bila memungkinkan. Sebab jika tidak, ponsel Anda akan bekerja keras untuk mempertahankan sinyal saat Anda menggunakannya saat bepergian.

Baca Juga   Serbu Pasar Indonesia, Samsung Galaxy A03s Dibandrol di Kisaran Rp1 Jutaan

Jika Anda menemukan ponsel dan baterainya melambat dan tidak berfungsi seperti dulu, mungkin sudah waktunya untuk mengganti baterai. Jika ponsel Anda masih dalam masa garansi, maka pabrik dapat menanggung biayanya.

Jika tidak, carilah tukang reparasi terkemuka yang dapat mengganti baterai dengan biaya terjangkau. Yang jelas jangan mencoba melakukan ini sendiri, serahkan kepada profesional.***

  • Share