Man Reman, Cemilan Khas Sumenep

  • Share

KOTA SUMENEP di Pulau Madura, memiliki banyak sekali makanan khas yang terkenal. Bukan hanya dengan keripik singkongnya yang sudah moncer dalam khazanah jajanan Tanah Air, ternyata ada satu lagi makanan khas sumenep yang perlu anda coba. Man Reman, nama yang unik, terlebih dengan rasanya. Makanan ringan ini patut anda coba saat berkunjung ke Sumenep.

Jajanan satu ini merupakan khas Kecamatan Kalianget, ujung timur Kabupaten Sumenep, Madura. Man Reman terbuat dari tepung ketan dan gula aren, sehingga ketika dimakan akan menghasilkan rasa yang manis dan renyah.

Cemilan asli Sumenep, Madura ini sangat jarang ditemukan ditempat lain. Karena membuatnya cukup susah, dahulu Man Reman biasanya hanya di jual oleh orang tertentu sebab dalam membuatnya memerlukan keahlian khusus. Namun saat ini, Man Reman sangat mudah didapatkan. Berbagai toko di jalur bus antar provinsi di Kabupaten Sumenep menjual Man Reman sebagai oleh-oleh khas Sumenep.

Man Reman juga biasa di produksi pada bulan ramadhan dan paling banyak di produksi saat menjelang lebaran Idul Fitri.

Menurut penduduk sekitar kecamatan Kalianget, keluarga yang masih menyediakan atau mengkonsumsi makanan khas ini dianggap menghargai adat istiadat daerah Sumenep terutama Kecamatan Kalianget.

Makanan khas sumenep yang punya nama unik ini, bisa Anda dapatkan dengan harga murah. Dengan Rp. 2000, anda sudah bisa merasakan keunikan rasa cemilan Man Reman ini. ***

 

Baca Juga   Lalampa, Lemper Isi Ikan Khas Manado nan Lezat
  • Share