Usir Bosan di Deburan Ombak Pantai Sambolo

  • Share

ANGIN kencang yang membawa ombak datang bergulung-gulung dengan suara bergemuruh air laut begitu damai membuat mata tertuju memandang pantai jauh tak berujung. Serta burung-burung terbang melewatinya dengan kepakan-kepakan lembut menambah kesejukan dan kedamaian hati. Sangat sayang jika dilewati sambil menghilangkan penat pikiran sekalipun, dengan menikmati keindahan pemandangan alam yang masih asri ini.

Pantai Sambolo Anyer ini adalah salah satu spot pantai terbaik yang ada di wilayah Pantai Anyer Banten. Air laut jernih dengan pasir yang putih dan ombak yang tidak terlalu besar menjadi hal yang menjadi daya tarik bagi para pengunjung wisatawan.

Pantai ini berada di Jalan Raya Anyer, Bandulu, Serang, Banten. Perjalanan jika dari kota Tanggerang sendiri akan menempuh sekitar 1,5-2 jam. Atau dari pintu keluar Tol Cilegon Barat hanya sekitar 30 menit saja.

Sebenarnya Pantai Sambolo sendiri memiliki dua pantai dengan berbeda lokasi lho! Ada Sambolo Satu dan Sambolo Dua. Namun fasilitasnyalah yang membedakan kedua Sambolo ini. Pada Sambolo Satu berciri dengan adanya jembatan dermaga yang menjorok ke tengah laut. Sementara itu, di Sambolo Dua terkenal akan keberadaan villa penginapan yang serupa dengan pura di Bali.

Dalam menemukan pantai Sambolo Satu pun tidak terlalu sulit. Rute saat mengunjungi pantai Sambolo begitu mudah juga lancar. Kita dapat menggunakan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum karena fasilitas parkir di wisata ini cukup luas untuk didatangi beramai-ramai.

Rute untuk mengarah ke pantai Sambolo Satu sendiri jika dari Jakarta bisa melalui tol jalur Tanggerang Merak kemudian setelah keluar dari tol ambil jalan menuju Cilegon Barat, lalu teruskan perjalanan menuju arah Anyer.
Dan pengunjung akan segera tiba di pantai Sambolo saat sudah berada di kawasan industri di Cilegon.

Baca Juga   Bernama Aneh, Sate Lalat Pamekasan Tetap Diburu

Tanda kita akan segera sampai di tempat tujuan yaitu selama perjalanan kita akan melihat potongan-potongan pemandangan air laut dengan ombak yang menghantam tepi pantai dengan warna airnya yang biru bersih dari sela sela rumah penduduk.

Dan setelah sampai Pantai Sambolo Satu, kita akan disuguhkan hamparan pasir putih yang cukup luas. Oleh karena itu pantai ini memberikan kesan romantis kepada para pengunjung yang datang liburan bersama pasangannya maupun dengan keluarga atau teman. Merdunya suara deburan ombak menyatu bersama hembusan angin pantai. Membuat pengunjung akan rileks dan enjoy menikmati suasana tempat wisata ini.

Dengan posisi pantai yang menghadap ke barat membuat sunset yang terdapat di pantai ini menjadi spesial. Karena Tepat di hadapan pantai akan ada bulan-bulan tertentu dimana matahari akan tenggelam. Saat menciptakan sebuah pemandangan yang indah luar biasa ketika diabadikan dengan garis-garis tipis awan menyertai proses tenggelamnya matahari di sudut barat.

Hal yang unik juga ketika berkunjung ke Pantai ini, jangan heran jika di pinggir pantai kita akan menemukan banyak cangkang telur penyu, karena para penyu di pantai ini sering berkunjung untuk bertelur dan mampir sambil menyimpan telurnya di dalam pasir putih.

Bagi orang tua yang ingin mengajak buah hati bermain pasir pantai, namun khawatir terkena batu karang. Berkunjunglah ke Pantai Sambolo Anyer. Kawasan ini cukup landai dengan pasir putih yang amat lembut. Apalagi air lautnya masih alami, jernih dan tidak adanya batuan karang yang membuat tempat ini menjadi aman untuk berenang. Beragam wahana air turut memikat hati wisatawan.

Sebagai objek wisata yang mempunyai keindahan alam yang begitu indah, di pantai Sambolo juga menyediakan fasilitas yang tergolong lengkap. Selain memiliki area parkir kendaraan yang luas, banyak juga warung-warung berjajar di sepanjang tepi pantai untuk para pengunjung. Beragam aneka makanan dan miuman sudah tersedia di warung-warung ini untuk teman bersatai.

Baca Juga   Cidomo, Andong Khas dari Pulau Lombok

Di samping itu, sembari menikmati suasana pantai, para pengelola pantai telah menyediakan gazebo atau saung agar para pengunjung semakin enjoy dan nyaman saat berkunjung. Dengan harga sewa mulai dari Rp. 50.000 sampai Rp. 80.000, begitu juga tergantung ukurannya fasilitas ini sudah bisa dimanfaatkan.

Diujung dekat parkiran sudah terdapat toilet dan tempat bilas dalam kondisi yang bersih. Bahkan disini tersedia jasa pijat dengan tarif yang sangat terjangkau untuk para pengunjung yang ingin melakukan rekreasi selanjutnya setelah lelah beraktivitas. Telah disediakan juga sejumlah penginapan mulai dari kelas melati hingga kelas berbintang di sekitar Pantai Sambolo, sebagai fasilitas untuk wisatawan yang berkunjung dari luar daerah dan ingin menginap.

Untuk tiket masuknya jika per orang dikenakan tiket seharga Rp. 10.000 saja dan jika per mobil hanya Rp.75.000 dengan berapapun jumlah penumpangnya karena yang dihitung per mobil. Tapi kalau bawa bis atau mobil besar beda lagi ya guys. Pantai Sambolo Ayer ini buka 24 jam.

Menarik untuk dikunjungi bukan? Apalagi saat liburan akhir tahun akan segera datang maka wajib banget nih Pantai Sambolo Anyer jadi list tempat wisata yang harus dikunjungi bersama keluarga dan teman. Kita juga bisa sekaligus menyegarkan pikiran dan badan kita agar tidak jenuh dan stress dengan tugas atau pekerjaan yang bikin mumet. Dan jangan lupa tetap selalu jaga kebersihan dimanapun berada yaa demi menjaga lingkungan dan alam semesta ini.***

  • Share