Getaran Motor Bisa Hadirkan Masalah Bagi Ponsel Anda! Begini Solusinya

  • Share

MENGGUNAKAN handphone pada saat bermotor kerap ditemukan di jalanan. Paling sering adalah menempelkan ponsel di batok motor menggunakan holder untuk navigasi. Hal ini cukup praktis karena pemotor bisa melihat arah tujuan seperti sepintas melihat speedometer.

Namun penggunaan hp dengan holder di motor ternyata bisa merusak perangkat tersebut. Mengutip dari situs resmi apple.com, Selasa (14/9), pasalnya getaran dari motor akan tersalurkan ke ponsel dan membuat komponen di dalamnya rusak.

Masalah ini mengacu pada ponsel terkini yang sebagian besar menggunakan teknologi Optical Image Stabilization (OIS). Peranti tersebut membantu memotret dengan adanya gyroscope di bagian kamera. Alat itu berfungsi untuk meminimalisir efek guncangan supaya hasil foto yang didapat lebih bagus dan jelas.

Teknologi OIS sudah ada sejak Iphone 6 plus di tahun 2014. Artinya saat ini sudah banyak ponsel yang beredar dengan OIS, bahkan hp di kisaran harga Rp 5 jutaan seperti Samsung Galaxy A52 atau Vivo V21 sudah dilengkapi peranti penyetabil kualitas gambar.

Di sisi lain mesin motor, terutama dengan cc tinggi, menghasilkan getaran cukup besar yang tersalurkan ke sasis, lalu ke stang dan pada akhirnya ke ponsel itu sendiri. Getaran tersebut berada pada frekuensi tertentu yang tidak ideal pada teknologi OIS.

Sebagai contoh adalah pengguna akun tak ternama pada situs Reddit di r/motorcycles 2 tahun lalu. Dia memasangkan ponselnya, Google Pixel 2, di antara stang motornya menggunakan holder.

Motor yang dia pakai, yaitu Yamaha FZS 600 menghasilkan getaran yang membuat hp terguncang dan merusak kameranya. Bahkan dia mengklaim sudah mengganti hpnya sampai lima kali karena masalah yang sama.

Solusi

Oleh sebab itu, ada berbagai cara untuk menghindari atau mengurangi getaran dari mesin ke ponsel. Salah satunya adalah mengantongi ponsel selama perjalanan dan hanya menggunakannya pada saat benar-benar dibutuhkan.

Baca Juga   Mirip Apple dan Realme, Oppo Patenkan Dua Charger Nirkabel

Selain itu adalah menggunakan motor listrik. Berbeda dengan motor biasa, dapur pacu motor listrik tidak menghasilkan getaran karena tidak ada proses pembakaran internal seperti mesin berbahan bakar bensin.

Terakhir adalah menggunakan holder yang bisa mengurangi getaran pada motor. Meski tidak sepenuhnya menyerap getaran mesin, setidaknya alat tersebut bisa meredamnya. ***

  • Share