Parende, Kuliner Ikan Khas Buton yang Melegenda

  • Share

KULINER khas Buton sebenarnya sangat banyak dan beraga. Namun kali ini, kami akan mengulas salah satu diantaranya yang cukup khas dan melegenda yaitu Parende.

Ikan Parende adalah kuliner Buton yang benar-benar khas. semua keluarga di Buton pasti dan selalu menghadirkan menu ikan parende untuk disantap bersama keluarga.

Dulunya, ikan parende ini hanya menjadi lauk kebangsaan di setiap rumah penduduk di sana, tapi seiring berkembangnya zaman, di mana faktor pariwisata di Buton semakin maju, Parende naik pamor menjadi kuliner yang diperjualkan.

Bagi pelancong di Buton, bisa mencicipi kuliner khas berbahan dasar ikan yang segar ini di hampir semua rumah makan yang ada di BauBau maupun sekitar Buton.

Memasak ikan parende ini sangat praktis dan cukup simpel. Cara pertama adalah memakai bumbu-bumbu segar yang langsung dicemplungin bersama ikan dan kuahnya, tanpa ditumis.

Yang kedua, bumbu-bumbu tersebut ditumis terlebih dahulu, lalu dimasukan ke ikan beserta kuahnya. Keduanya sama enak dan segarnya.

Bahan dan bumbunya simple, cuman ikan (lebih enak pakai ikan jenis karang yang masih segar, pakai asam atau belimbing wuluh atau jeruk, lalu bumbunya standar, bawang merah, bawang putih, cabe, kunyit, tomat, serei, dan tambahan lainnya. ***

Baca Juga   Sup Kodok? Ya, Swike Grobogan Jagonya
  • Share