Pulau Bidadari, Sepotong Sorga di Ibu Kota

  • Share

INGIN melepas penat ke tempat yang kaya akan sejarah sekaligus berwisata bahari? Pulau Bidadari merupakan pilihan yang tepat. 25 menit dari Marina Ancol, anda akan mendapatkan pengalaman yang berkesan.

Pulau Bidadari salah satu resort yang merupakan bagian dari Kepulauan Seribu. Memiliki wilayah seluas 6 hektar yang juga dikenal dengan Pulau Eco Resort, karena lingkungan alamnya yang tetap terjaga.

Abad ke 17, Pulau Bidadari difungsikan sebagai aktivitas militer dibawah naungan VOC dan sebagai pendukung Pulau Onrust. Dibangun benteng dan beberapa fasilitas pendukung untuk melindungi pulau dari serangan musuh.

Sekitar tahun 1800, Britania Raya menyerang dan menghancurkan beberapa fasilitas di Pulau Bidadari. Namun tiga tahun setelahnya, Belanda berhasil merebut kembali dan membangun fasilitas yang telah dihancurkan sebelumnya.

Tahun 1806, Britania raya kembali menyerang dan meluluhlantakan segalanya, hanya beberapa objek yang tersisa.

Pulau Bidadari kini mulai dikembangkan dan menjadi aset pariwisata di Kepulauan Seribu. Pulau Bidadari menarik kunjungan wisatawan karena menawarkan atmosfer yang berbeda, pulau yang kaya dengan warisan budaya sekaligus wisata bahari.

Hal Menarik Yang Dapat Ditemukan di Pulau Bidadari

1. Benteng Martello

Benteng Martello dan beberapa meriam yang dilestarikan merupakan sisa peninggalan bersejarah di era penjajahan Belanda.

2. Pohon Jodoh

Pulau Bidadari menyimpan sejuta keindahan, salah satunya dengan kehadiran pohon tua yang memiliki kisah menarik didalamnya. Menurut mitos, jika ada pasangan yang berfoto di bawah Pohon Jodoh, maka hubungannya akan kekal.

3. Patung Tanduk Tujuh Belas

Pulau Bidadari dikelilingi beragam patung, salah satunya yang paling mencuri perhatian yakni Patung Tanduk Tujuh Belas. Patung tersebut berbentuk rusa yang memiliki 17 tanduk di bagian kepala dan ekor ikan di bagian bawah.

Baca Juga   Pesona Pasir Putih Pantai Parbasa Pesona Menawan dari Pesisir Danau Toba

4. Jelajah Pulau Bidadari

Tempat yang tepat untuk mengabadikan kenangan sekaligus menikmati keindahan alam dengan segudang aktivitas olahraga air seperti snorkelling, memancing, canoe, banana boat dan aktivitas lainnya.

5. Wisata Kuliner

Wisata kuliner merupakan bagian yang tak boleh dilewatkan ketika berkunjung ke Pulau Bidadari. Nikmati santapan tradisional yang paling diburu yakni Gepuk Skewer yang dibuat dari ikan tuna dengan rasa pedas. Makanan lain yang bisa dinikmati yakni pastel ikan, kue talam, dan lainnya. Pastikan mencoba semuanya!

Cara Menjangkau Lokasi

Transportasi dapat ditempuh melalui,

Dermaga Marina, Ancol (estimasi harga Rp100.000,00 – Rp300.000,00)
Perjalanan dari Dermaga Marina, Ancol menuju Pulau Bidadari kira-kira memakan waktu 25 menit menggunakan dengan speed boat
Jadwal operasional: Setiap hari, pukul 07.00 – 16.00 WIB.***

  • Share