Tidak Pakai Ribet! Begini Cara Mengusir Nyamuk Secara Alami 

  • Share

TERKADANG keberadaan nyamuk mengganggu kita saat ingin mengerjakan sesuatu. Terlebih lagi, gigitan nyamuk juga bisa menyebabkan berbagai penyakit seperti DBD, malaria, dan filariasis.

Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mengusir nyamuk. Namun kebanyakan masyarakat lebih sering menggunakan semprotan nyamuk, lotion anti nyamuk, dan sebagainya. Terlepas dari manfaatnya, sebetulnya, ini kurang baik untuk kesehatan.

Akan lebih baik apabila kamu mengusir nyamuk dengan bahan-bahan alami. Apa sajakah caranya? Simak cara mengusir nyamuk di bawah ini.

Cara Mengusir Nyamuk Secara Alami

Jika ada nyamuk di sekitarmu, akan lebih baik kamu menghindari atau mengusirnya. Sebab, selain mengganggu, nyamuk juga berpotensi mengakibatkan masalah kesehatan.

Tanpa berlama-lama lagi, berikut adalah cara alami mengusir nyamuk:

1. Mengoleskan Minyak Kayu Putih

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengoleskan minyak kayu putih ke bagian tubuh.

Ada temuan yang mengatakan bahwa minyak kayu putih, khususnya jenis lemon eucalyptus ampuh menghindari gigitan nyamuk hingga 12 jam. Akan tetapi, perlu diwaspadai bagi yang berkulit sensitif dan anak di bawah usia tiga tahun.

2. Menggunakan Minyak Serai

Selain dijadikan bumbu dapur, serai juga bisa digunakan untuk mengusir nyamuk, lho. Caranya, kamu hanya perlu membalurkan minyak serai ke bagian kaki dan tanganmu.

Minyak serai atau yang disebut juga dengan minyak citronella ini bisa kamu olah sendiri atau bila tidak mau repot bisa langsung membeli minyak serai yang dijual pasaran.

Diketahui pula bahwa minyak serai ini dapat melindungi kulitmu dari nyamuk hingga 2 jam. Efektivitas-nya pun mirip dengan minyak kayu manis dan lotion anti nyamuk.

3. Menyemprotkan Minyak Kayu Manis

Pastinyakalian tidak asing lagi dengan kayu manis (Cinnamomum). Rempah satu ini memang sudah terkenal memiliki banyak manfaat, termasuk salah satunya adalah mengusir nyamuk.

Baca Juga   Hai Kaum Hawa, Begini Tips Memilih Baju Tidur yang Cocok Buat Anda

Manfaat ini telah dibuktikan oleh penelitian yang menunjukkan bahwa minyak kayu putih dapat memberantas telur nyamuk dan nyamuk berukuran besar.

Penggunaan kayu manis sebagai langkah pengusiran nyamuk juga mudah dilakukan. Kamu hanya perlu menyemprotkan minyak kayu manis ke bagian tubuh dan tempat lainnya yang sering didatangi nyamuk.

4. Memanfaatkan Bawang Putih

Nyamuk tidak menyukai aroma kuat dan menyengat dari bawang putih. Oleh karena itu, kamu bisa memanfaatkan bawang putih sebagai langkah pengusiran nyamuk.

Ada berbagai cara yang bisa kalian coba. Kamu bisa membuat spray bawang putih, langsung mengoleskan ke permukaan kulit atau menaruh irisan bawang putih di tempat gelap dan lembap.

5. Mengenakan Pakaian Panjang

Nah, cara ini yang paling mudah bisa kamu praktekkan. Kamu hanya perlu menggunakan pakaian panjang.

Dengan menutupi badan dengan pakaian, nyamuk pun tidak memiliki kesempatan untuk menghisap darah. Perlu diketahui pula bahwa pakaian gelap justru mendatangkan nyamuk karena pada dasarnya, nyamuk menyukai tempat yang gelap.

6. Menggunakan Kulit Jeruk

Kulit jeruk memiliki senyawa limonene yang dapat menjadi racun untuk lalat, nyamuk, dan serangga lain.

Nah, oleh karena itu, kamu bisa mengusir nyamuk menggunakan kulit jeruk. Caranya juga tidak susah, kamu hanya menempatkan kulit jeruk pada daerah yang banyak dihinggapi oleh nyamuk.

7. Menyalakan Kipas Angin

Jika kalian memiliki kipas angin di rumah, cara satu ini sangat mudah untuk diaplikasikan. Kamu hanya perlu menyalakan kipas angin agar nyamuk tersebut sulit untuk terbang secara leluasa. Dengan cara ini, nyamuk pun tidak bisa hinggap ke permukaan kulit dan mengisap darah.

8. Menggunakan Kemangi

Sejak zaman nenek moyang, daun kemangi sudah sering digunakan sebagai obat pengusir nyamuk.

Baca Juga   6 Cara Agar Konsentrasi Tak Hilang Saat Mengemudi

Daun satu ini memiliki aroma khas yang tidak disukai oleh nyamuk. Maka dari itu, bisa kamu manfaatkan kemangi untuk mengusir nyamuk.

Caranya juga tidak susah. Kamu hanya perlu menyebarkan daun kemangi di daerah yang sering ditempati nyamuk. Sebelum menyebarkannya, kamu juga bisa membakarnya terlebih dahulu sehingga aromanya semakin keluar. ***

  • Share