5 Kota Bebas Polusi di Indonesia

  • Share

SEBAGAI salah satu negara yang memiliki kawasan hutan terluas di dunia, Indonesia memiliki berbagai kota yang menawarkan kualitas udara bersih dan kawasan hutan ataupun perbukitan yang mampu memproduksi oksigen dalam jumlah yang besar.

Bahkan, beberapa kota di Indonesia tersebut mampu memperoleh indeks kualitas udara dalam tingkat baik sampai dengan sedang, di mana kamu dapat memanfaatkan kesempatan tersebut dalam menikmati kualitas udara bersih selama berada di kota tersebut.

Yuk, lihat mana saja kota di Indonesia yang punya kualitas udara terbaik!

1. Banyuwangi

Kota yang terletak di Jawa Timur ini telah dikenal secara luas oleh masyarakat Indonesia melalui api biru yang berasal dari Kawah Ijen. Selain itu, Banyuwangi merupakan sebuah daerah yang dikelilingi oleh berbagai daerah pergunungan dan perbukitan sehingga mampu meningkatkan kualitas udara dari daerah ini.

Dengan berbagai destinasi wisata yang mampu menarik perhatian wisatawan lokal ataupun mancangera, Banyuwangi tetap mampu mempertahankan kualitas udara bersih yang berasal dari daerah perhutanan. Bahkan, indeks kualitas udara yang dimiliki oleh Banyuwangi berada pada tingkat baik hingga sedang, lho.

2. Buleleng

Daerah Buleleng menjadi salah satu kawasan dengan kualitas udara bersih dalam jumlah yang besar pada daerah Bali, di mana kamu dapat menemukan berbagai destinasi wisata seperti pantai, air terjun, danau, dan hutan hujan yang menjadi habitat bagi hewan endemik Indonesia.

Walaupun memiliki destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi, daerah yang terletak pada bagian utara di Pulau Bali ini memiliki tingkat wisatawan yang rendah sehingga Buleleng mampu berkontribusi dalam `meningkatkan dan memproduksi kualitas udara bersih.

3. Banda Aceh

Banda Aceh mampu mempertahankan kualitas udaranya secara stabil dan berada pada tingkat yang jelas. Hal ini dikarenakan Banda Aceh dikelilingi oleh daerah perhutanan dan pantai sehingga pepohonan tersebut mampu memproduksi oksigen dalam jumlah yang lebih besar dibandingkan dengan karbon dioksida yang dihasilkan oleh kendaraan bermotor.

Baca Juga   Tewas dalam Kecelakaan Mobil : Niat Pemain Ajax Noah Gesser Bela Indonesia Kandas

Selain itu, Banda Aceh juga dikenal sebagai kota yang menawarkan destinasi wisata bahari dengan pemandangan yang mempesona, serta kuliner dengan cita rasa yang lezat dan tersedia di berbagai wilayah di destinasi wisata ini, lho.

4. Ambon

Kota yang terletak di Pulau Maluku ini telah dikenal dengan keindahan pantainya yang seringkali digunakan untuk melakukan berbagai aktivitas air seperti snorkeling ataupun diving oleh wisatawan lokal ataupun mancanegara.

Sebagai salah satu kota yang memiliki jumlah wisatawan dalam jumlah yang besar, Ambon tetap mampu menawarkan kualitas udara bersih dan memiliki tingkat polusi yang rendah. Hal ini didukung dengan adanya kawasan perbukitan dan perhutanan yang mengelilingi destinasi wisata ini, lho.

5. Manado

Manado yang terletak di Sulawesi Utara ini memiliki kawasan pantai dan wisata bahari yang mampu menarik wisatawan. Selain itu, daerah ini juga menawarkan kawasan perbukitan dan hutan sehingga Manado mampu menjaga keseimbangan antara oksigen dan karbon dioksida.

Selain kamu dapat menikmati kualitas udara bersih, Manado juga menawarkan berbagai destinasi wisata seperti Taman Nasional Bunaken, Pulau Manado Tua, dan Gunung Tumpa. Kamu juga dapat mengunjungi daerah Bitung yang telah dikenal secara luas sebagai lokasi tujuan penyelam kelas dunia, lho.

Indonesia memiliki kawasan hutan terluas di dunia dan mampu berkontribusi dalam memproduksi oksigen dalam jumlah yang besar, di mana berbagai kota di Indonesia ini akan memberikan kamu kesempatan dalam menikmati kualitas udara bersih dan tingkat polusi yang rendah. ***/itc

  • Share