Gagap Teknologi, Ini 7 Istilah Bengkel yang Sering Bikin Bingung

  • Share

BUAT orang awam pemula di dunia otomotif, terkadang ada istilah-istilah bengkel yang bikin bingung. Istilah-istilah bengkel ini bikin bingung orang awam, tapi sudah menjadi bahasan umum penggemar otomotif.

Berikut 7 istilah-istilah bengkel yang perlu diketahui :

1. Bore Up

Memiliki arti memperbesar ukuran piston pada mesin. Bore up umumnya dilakukan untuk meningkatkan kapasitas mesin yang berujung pada peningkatan performa kendaraan.

2. Stroke Up

Artinya memperpanjang langkah piston untuk meningkatkan kapasitas mesin agar performa meningkat. Stroke up bisa dilakukan dengan mengganti setang piston, menggeser big end atau mengganti pen stroke.

3. Overheat

Kondisi mesin yang terlalu panas dan memunculkan masalah ketika digunakan. Overheat bisa muncul akibat sistem pendinginan mesin yang bermasalah atau bisa juga karena modifikasi ekstrem pada mesin.

4. Piston Nyeket

Keadaan saat piston mengunci atau mengancing dengan dinding liner sampai tidak bisa bergerak. Piston nyeket bisa terjadi akibat sistem pelumasan yang kurang baik ataupun setingan mesin yang salah. Dalam kondisi piston nyeket, mesin akan mati dan tidak bisa distarter.

5. Tune Up

Mengembalikan kondisi mesin ke taraf kerja paling optimal. Dilakukan dengan membersihkan setiap komponen, menyetel ulang sampai mengganti komponen yang mulai aus dan rusak.

6. Bleeding Rem

Proses mengeluarkan angin palsu dalam sistem rem hidrolik. Bleeding rem biasa dilakukan dengan cara memompa master rem sambil sesekali membuka nepel untuk membuang angin palsu di kaliper rem.

7. Turun Mesin

Proses memperbaiki mesin yang pengerjaannya sampai membuka seluruh mesin bagian bawah atau crankcase. Turun mesin ini termasuk pengerjaan yang berat karena mempreteli hampir seluruh bagian mesin. Disebut turun mesin karena pada proses pengerjaannya mesin harus diturunkan atau dipisahkan dari rangka.(*/goc)

Baca Juga   Cara Menghilangkan Noda Aspal di Bodi Mobil secara Efektif
  • Share