Kedung Pengilon, Niagara dari Kendal

  • Share

DI Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, tepatnya di Desa Jatirejo Kecamatan Ngampel ada tempat wisata bernama Kedung Pengilon. Jarak tempat wisata itu hanya 20 kilometer dari Kota Kendal.

Bila mau mengunjungi ke Kedung Pengilon, lebih baik menggunaakan kendaraan roda dua. Sebab bila menggunakan kendaraan roda empat, Anda harus memarkir kendaraan di tempat yang cukup jauh dari lokasi. Jalan untuk menuju Kedung Pengilon masih sempit dan belum bisa dilewati kendaraan roda empat.

Kedung Pengilon sudah ada sejak jaman dahulu. Dikelilingi oleh bebukitan yang masih alami, kedung atau tempat penampungan air pertanian ini mempunyai jembatan tua terbuat dari besi. Jembatan tersebut dicat warna-warni. Sedangkan di bawah jembatan yang dibuat pada zaman Belanda itu terdapat air terjun.

Panjang air terjun itu sekitar 50 meter dan ketinggiannya mencapai 10 meter. Air terjun tersebut sangat indah, dan banyak pengunjung yang menamainya Niagara Mini. Nama Kedung Pengilon sendiri punya cerita menurut warga sekitar.

Dulu pada masa Kerajaan Mataram, konon ada seorang ratu bernama Pandansari. Ratu itu ingin menyejahterakan rakyatnya dengan membuat kedung. Kedung tersebut dibuat untuk mengairi sawah-sawah supaya lahan pertanian menjadi subur dan hasil panennya melimpah. Sehingga rakyat hidupnya makmur tanpa kekurangan pangan. Kedung itu airnya bersih, bahkan bisa untuk berkaca. Maka kemudian diberilah nama Kedung Pengilon.

Kedung Pengilon sekarang, sudah berubah dan menarik. Jembatan besinya sudah dicat warna-warni dan bagus untuk selfie.

Namun sangat disayangkan, jalan menuju ke Kedung Pengilon masih sempit. Padahal akses jalan itu, sangat penting untuk pengunjung supaya mudah ke sana. ***

 

 

Baca Juga   Katupek Pitalah, Sarapan Legendaris dari Negeri Hujan
  • Share