Mie Nyonyor, Si Pedas yang Bikin Ketagihan

  • Share

BAGI ANDA pecinta kuliner pedas, tak salah jika Anda mencicipi beberapa makanan khas Banyuwangi. Selain sego tempong yang pedasnya menampar-nampar, salah satu makanan pedas khas Banyuwangi lainnya adalah adalah Mie Nyonyor.

Dalam bahasa Jawa, ‘nyonyor’ berarti bengkak pada bibir. Mie Nyonyor memang terkenal membuat bibir terasa bengkak karena kepedasannya. Dengan tagline ‘Mie Nyonyor Pedasnya Beneran’, pengunjung akan merasakan mie dengan saus pasta pedas.

Dari level 0 hingga 5 pengunjung dapat memesan bermacam mie pedas khas Mie Nyonyor. Variasi menu di sana antara lain Mie Nyonyor, Mie Nyonyor Ndut (porsi double), Mie Nyonyor Saus Bolognese, Ramen Nyonyor, Ramen Kari, Ramen Susu, Nasi Goreng Nyonyor, dan Bihun Goreng Nyonyor. Ragam Mie Nyonyor tersebut dipatok dari harga Rp 8.000 – 23.000 per porsi.

“Kita punya ramen susu. Yang saya tahu sih, satu-satunya ramen susu yang ada di Indonesia cuma punya Mi Nyonyor. Saya pernah googling ramen susu ada di Jateng. Tapi dia pakai salah satu merk mie instan, cuma kuahnya pake susu. Di sini menggunakan mie kering dengan susu full cream atau susu tawar,” kata pemilik Mie Nyonyor, Ago (27).

Kedai Mie Nyonyor berlokasi di Jalan Medang Kamulan 8 buka dari jam 09.00-21.00 WIB. Menurut Ago, sehari kedainya menjual sekitar 300 porsi. Sementara ia juga mengaku jika pembuatan sambal untuk campuran saus pasta membutuhkan cabe rawit rata-rata hingga 10 kilogram per hari.

Menurut salah satu penggemar Mie Nyonyor, Nanda “Delicious,” kata dia sembari menahan rasa pedas. ***

Baca Juga   Dendeng Balado dan Dendeng Batokok nan Menggoda Selera
  • Share