Memilih Mobil Bekas Usia 10 Tahun, Begini Caranya

  • Share

ADA beberapa alasan, mengapa orang lebih memilih untuk membeli mobil bekas ketimbang baru. Mulai dari terbatasnya dana yang dimiliki, hingga tukar tambah ke tipe yang lebih muda usianya tanpa harus mengeluarkan biaya banyak.

Namun, ada juga yang mencari mobil bekas lansiran tahun lama. Biasanya mereka sengaja melakukan itu, karena tertarik dengan model tersebut atau memiliki sejarah yang ingin diulang kembali.

Meski demikian, bukan perkara mudah untuk memilih mobil bekas yang usianya lebih dari 10 tahun. Setelah dipakai selama itu, menjadi hal yang wajar jika banyak komponen tidak lagi berfungsi dengan baik dan memerlukan pergantian.

Dilansir dari laman Mobil88, mobil bekas yang usia pakainya sudah lebih dari 10 tahun masih tetap layak untuk dimiliki, asalkan pembeli benar-benar memperhatikan kondisinya.

Hal pertama yang harus dilakukan, adalah memastikan kondisi mesin tetap kering. Artinya, tidak ada rembesan oli maupun cairan lain di bagian mesin hingga ke kolong.

Sembari memeriksa tetesan cairan, sempatkan mendengarkan suara mesin ketika dihidupkan. Teliti bagian yang mengeluarkan suara kasar, karena itu salah satu tanda adanya masalah pada komponen. Lihat juga apakah ada getaran berlebihan pada jantung pacu, yang biasanya muncul jika dudukan mesin sudah aus.

Setelah memeriksa mesin, pindah ke bagian belakang dan perhatikan apakah ada asap putih muncul dari knalpot. Jika itu terjadi, jangan memaksakan diri membeli mobil tersebut karena harus dibawa ke bengkel untuk turun mesin.

Selalu lakukan uji jalan, untuk mengetahui kondisi kaki-kaki serta sistem pengereman. Saat melakukan itu, cek semua sistem kelistrikan mulai dari dari lampu hingga sistem hiburan. Pastikan tidak ada indikator yang mati di panel instrumen, karena terkadang jika itu terjadi ada komponen yang rusak dan harganya cukup mahal.

Baca Juga   Boyong SUV Tiggo, Chery Kembali 'Mengadu Nasib' di Indonesia

Apabila tidak mau direpotkan dengan semua proses itu, bisa memilih alternatif dengan mengunjungi ruang pamer mobil bekas terpercaya, yang beberapa kini juga menyediakan layanan online.***

  • Share