Pantai Tikus Padoga, Surga Cantik nan Tersembunyi di Bangka

  • Share

PANTAI TIKUS merupakan sebuah pantai yang masih terhitung alami dan menawan. Pantai ini merupakan salah satu pantai yang panjang jika dibandingkan dengan pantai-pantai lainnya di Sungailiat Bangka.

Karena pantai ini begitu panjang, terkadang masyarakat sekitar menyebut bagian-bagian dari pantai ini dengan sebuah penanda khusus tersendiri seperti pohon mangga, pohon akasia, pantai cinta, pantai vihara dan lain sebagainya. Pantai ini berlokasi di Desa Rebo, Kelurahan Kenanga, Sungailiat, Bangka, Provinsi Bangka Belitung.

Di Pantai Tikus anda bisa menemukan banyak sekali batuan granit berukuran besar yang berada di sekitaran pantai, tebing terjal yang masih alami serta air jenih kebiruan. Selain dari bibir pantai anda juga bisa mengamati keindahan alam sekitar Pantai Tikus ini dari sebuah Vihara atau kuil yang bertada di dekat pantai tersebut. Lokasi Pagoda ini terdapat di atas bukit Pantai Tikus.

Di sebut dengan nama Pantai Tikus karena pantai ini mempunyai banyak sekali jalan setapak atau jalan tikus. Menurut kisahnya, dahulunya jalan ini di buat oleh pencari timah secara gelap untuk jalan membawa timah ke sisi pantai.

Fasilitas yang ada di Pantai Tikus

Terdapat bermacam-macam fasilitas seperti parkir kendaraan, tempat bermain, restoran, kamar ganti, water sport dengan biaya terjangkau. Pantai ini terletak di sebelah timur kota Sungailiat dan dapat anda tempuh dengan waktu sekitar 15 menit jika anda dari pusat kota.

Tiket masuk Pantai Tikus

Saat anda tiba di Pantai Tikus terdapat sebuah pos kecil, disini Anda akan diminta membayar tiket masuk. Kendaraan roda dua sebesar Rp 2.000 dan kendaraan roda empat sebesar Rp 5.000.

Transportasi Wisata

Jika anda berminat mengunjungi lokasi indah dan menawan ini, maka anda bisa menggunakan kendaar baik roda dua maupun roda empat. Sebaiknya anda menggunakan kendaaan pribadi atau bisa juga menyewa kendaaran agar mobilitas liburan anda lebih mudah.

Baca Juga   Es Tebak, Es Campur Khas Ranah Minang

Selain itu karena sejalur dengan pantai ini ada juga beberapa pantai indah lainnya yang bisa anda kunjungi. Pantai Tikus bisa anda capai dalam waktu 45 menit saja dari pusat Kota Pangkalpinang dengan menggunakan jalan lintas timur yang sudah bagus dan mulus.

Jika ingin mengunjungi pantai ini, disarankan Anda menggunakan kendaraan pribadi atau sewa, karena belum ada kendaraan umum yang mengantarkan Anda hingga lokasi. Dari pusat Kota Kupang, Anda menuju arah Tenau, dengan waktu tempuh sekitar satu sampai satu setengah jam dengan menyewa kendaraan bertarif Rp100 ribu (motor) hingga Rp300 ribu (mobil) untuk kurun sehari. Anda akan dimudahkan dengan banyaknya marka yang akan memandu, hingga sepertinya tak sulit untuk menemukan pantai ini.***

  • Share